ADVERTISEMENT

Kapan Tabung Elpiji 12 Kg Mulai Ditarik?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 20 Okt 2020 19:29 WIB
PT Pertamina (Persero) dikabarkan akan menarik tabung biru Elpiji 12 kilogram (kg). Selanjutnya, Pertamina memasok ke konsumen tabung Bright Gas 12 kg.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) buka suara mengenai kabar penarikan tabung biru Elpiji 12 kilogram (kg). Pertamina menyatakan, yang terjadi ialah menukar tabung Elpiji 12 kg dengan Bright Gas.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman menjelaskan, saat ini untuk jenis produk LPG 12 kg, Pertamina memiliki 2 merek dagang yakni Elpiji (tabung biru) dan Bright Gas (tabung pink). Ke depan, akan difokuskan distribusinya untuk Bright Gas.

Dia mengatakan, Bright Gas memiliki isi dan harga yang sama dengan tabung biru. Bahkan, Bright Gas dilengkapi dengan valve double spindle sehingga lebih aman mencegah kebocoran.

"Jadi bukan penarikan produk, namun penggantian tabung yang dilakukan apabila masyarakat pengguna tabung biru sudah habis gas nya. Maka ketika nanti masyarakat beli isi ulang gas 12 kg, maka tabungnya akan diberikan tabung baru Bright Gas apabila stock di agen tersedia," terang Fajriyah kepada detikcom, Jumat (16/10/2020).

Dia menambahkan kebijakan penggantian tabung tersebut dilakukan bertahap, tapi bukan berarti tabung biru langsung otomatis tidak berlaku lagi. Dia mengatakan, ini adalah upaya Pertamina meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Penggantian tabung tersebut tanpa ada tambahan biaya dan harga isi ulangnya tetap sama dengan Elpiji tabung biru. Ini merupakan salah satu upaya pertamina dalam meningkatkan pelayanan untuk masyarakat, terutama terkait kebutuhan gas rumah tangga mengingat produk Bright Gas memang lebih baik dari LPG tabung biru," tutur Fajriyah.

(acd/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT