Listrik Padam Tadi Siang, Ada Kaitan dengan Ledakan Gardu Fatmawati?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 01 Nov 2020 18:25 WIB
Kondisi gardu listrik Fatmawati yang sedang diperbaiki (Arun-detikcom)
Foto: Kondisi gardu listrik Fatmawati yang sedang diperbaiki (Arun-detikcom)
Jakarta -

Listrik di sebagian Jakarta dan Bekasi mengalami pemadaman hari ini. Pemadaman ini dipicu oleh gangguan pada pemutusan beban atau circuit breaker di Muara Tawar.

Di waktu yang hampir bersamaan, gardu di Fatmawati meledek. Ada kaitannya?

General Manager PLN Disjaya Doddy B Pangaribuan mengatakan, setelah tim PLN turun ke lapangan diketahui penyebabnya ialah gangguan koneksi pada jaringan tegangan rendah.

"Sya juga menerima banyak pertanyaan kebetulan mungkin waktunya bersamaan jadi gardu listrik distribusi di Jalan Fatmawati dekat traffic light itu ada ledakan itu setelah kami kirim petugas dan dilakukan pemulihan dan penyebabnya adanya gangguan koneksi dari jaringan tegangan rendah," katanya dalam konferensi pers, Minggu (1/11/2020).

Dia bilang, kemungkinan ada kabel yang sambungannya terbakar kemudian terkena air. Sehingga, terjadi ledakan.

Namun, ia menuturkan, kejadian itu tak ada hubungannya dengan penyebab listrik padam yang terjadi di Jakarta dan Bekasi.

"Jadi ada kabel kemudian situ sambungannya terbakar mungkin kena air juga sehingga di situ terdapat ledakan. Tapi ini minor sekali dan tidak ada hubungannya di sub sistem yang dijelaskan Pak Haryanto tadi," jelasnya.



Simak Video "Asyik! Bayar Listrik hingga Tambah Daya Sekarang Bisa Lewat HP"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)