Harga Minyak Terjun Bebas, Pria Ini Hilang Harta Rp 94 Triliun

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 05 Nov 2020 12:06 WIB
Mukesh Ambani, India
Foto: Reuters
Jakarta -

Kekayaan orang terkaya Asia Mukesh Ambani anjlok sekitar US$ 6,5 miliar setara Rp 94 triliun (kurs Rp 14.500). Penurunan itu disebabkan setelah sahamnya di Reliance Industries anjlok 8,6%, menurut indeks Bloomberg Billionaires.

Dikutip dari CNN, Kamis (5/11/2020) saham perusahaan juga diketahui turun. Hal itu disebabkan setelah perusahaan membukukan kerugian akibat menurunnya harga minyak. Penghasilan unit perusahaan di sektor migas itu tercatat menurun dari perkiraan.

Laba sebelum pajak Reliance pun ikut turun 30% selama tiga bulan. Meskipun unit lain seperti ritel dan teknologinya dari Reliance membantu mengimbangi kemerosotan unit minyak.

Reliance adalah salah satu perusahaan paling berharga dan terkenal di India. Perusahaan ini menjalankan pembangkit tenaga listrik, minyak, petrokimia, telekomunikasi dan ritel. Kini Ambani sebagai ketua dan CEO perusahaan mencoba menggeser fokus perusahaan ke ranah teknologi.

Analis mengatakan Ambani berada di bawah tekanan jika ingin membuktikan teknologi yang dikembangkan perusahaannya. Mengingat saat ini perusahaan tengah menyalami penurunan besar-besaran terutama pada sektor migas.

Ambisi Ambani tidak hanya pada sektor teknologi. Bulan lalu, miliarder itu melanjutkan penggalangan dana yang memfokuskan unit belanja perusahaan, Reliance Retail.

Saat ini kekayaan Ambani diperkirakan senilai US$ 71 miliar. Angka itu masih menjadikan Ambani salah satu dari 10 orang terkaya di dunia tahun ini. Menurut Bloomberg Billionaires saham Reliance Industries naik 25% untuk tahun ini membantu meningkatkan kekayaan bersih Ambani lebih dari seperlima, atau US$ 12,5 miliar.



Simak Video "Deretan Orang Terkaya Dunia yang Merugi Rp 642 T Dalam Sepekan"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)