Save the Earth, Bank di Dunia Diminta Rem Danai Perusahaan Minyak

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 23 Nov 2020 09:22 WIB
NASA Earth Observatory
Foto: NASA Earth Observatory

Gambaran besar yang selama ini didengungkan adalah perubahan iklim tidak hanya merusak bumi tapi juga dapat menyebabkan kerugian besar di bank dan mengancam stabilitas sistem keuangan.

Menurut lembaga nonprofit berkelanjutan Ceres, lebih dari setengah pinjaman sindikasi dari bank-bank besar AS berada di sektor ekonomi yang membuat mereka rentan terhadap risiko yang ditimbulkan oleh perubahan iklim. Perusahaan yang dimaksud mencakup sektor-sektor seperti konstruksi, manufaktur, dan pertanian.

Bukan hanya pemberi pinjaman yang menghadapi pertimbangan masalah perubahan iklim. Minggu lalu, sekelompok investor global yang mengelola lebih dari US$ 9 triliun aset menulis kepada 36 perusahaan terbesar di Eropa, termasuk BP, Volkswagen (VLKAF) dan Lufthansa (DLAKY), mereka diminta untuk mengatasi biaya perubahan iklim yang hilang di akun mereka .

Perusahaan dipilih berdasarkan eksposur mereka terhadap risiko dekarbonisasi dan didesak untuk menyiapkan laporan pendapatan yang selaras dengan Paris Agreement yang mencerminkan apa arti perubahan iklim bagi bisnis mereka.

Halaman

(das/zlf)