Catat Lokasi SPBU Jual Pertalite Harga Premium di Jawa Barat

Yudistira Imandiar - detikFinance
Senin, 23 Nov 2020 18:52 WIB
SPBU
Foto: dok. Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) memperluas cakupan wilayah pelaksanaan Program Langit Buru (PLB) di 16 kota dan kabupaten di Jawa Barat. Dalam program tersebut, Pertamina memberikan program harga khusus Pertalite seharga Rp 6.450 atau setara dengan harga bahan bakar jenis Premium.

Harga khusus Pertalite tersebut berlaku untuk konsumen kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, serta kendaraan yang digunakan untuk transportasi publik seperti angkutan umum kota (angkot) serta taksi plat kuning. PLB di 16 wilayah di Jawa Barat berlangsung mulai Sabtu (16/11).

Unit Manager Communication, Relation & CSR Marketing Operation Region III Eko Kristiawan mengatakan melalui PLB, Pertamina turut menyosialisasikan penggunaan BBM berkualitas, yang memiliki kadar oktan (Research Octane Number/RON) tinggi yaitu 90 ke atas, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi. Selain itu, lanjut Eko, Pertamina mengedukasi BBM dengan angka oktan tinggi akan berdampak positif terhadap performa kendaraan serta lebih irit konsumsi BBM karena pembakaran di ruang mesin lebih sempurna.

"Selain mendorong masyarakat untuk berkontribusi terhadap kualitas udara yang lebih baik, dengan adanya harga khusus ini, kami turut memberikan customer experience atau kesempatan kepada pengendara roda dua, roda tiga, angkot, dan taksi plat kuning untuk merasakan bahwa dengan menggunakan BBM berkualitas, mesin kendaraannya akan lebih awet dan bertenaga. Juga lebih irit bahan bakar," kata Eko dalam keterangan tertulis, Senin (23/11/2020).

Eko merinci 16 titik tambahan PLB di Jawa Barat mencakup wilayah Bandung Raya (Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang) dan wilayah Purwasuka (Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Karawang). Selanjutnya di wilayah Ciayumajakuning (Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan), serta Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Garut.

"Sebelumnya PLB sudah dilaksanakan terlebih dahulu di sejumlah wilayah Jawa Barat seperti Bogor, Depok, Bekasi, Sukabumi, dan Cianjur," sambung Eko.

Eko menjelaskan, program edukasi dan promosi ini merupakan bentuk dukungan kepada Pemerintah sesuai Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, yang perlu menjadi perhatian seluruh pihak. Upaya mengurangi pencemaran udara, kata dia, dapat dilakukan melalui pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor.

Lokasi SPBU yang jual Pertalite seharga Premium di Bandung Raya. Langsung klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2