Penjelasan PLN soal Tagihan Listrik Warga Gunungkidul Bengkak

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Sabtu, 28 Nov 2020 10:40 WIB
PLN mengerahkan petugas untuk memastikan kesesuaian tagihan rekening listrik penggunanya.
Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom: Tagihan listrik warga Gunungkidul bengkak hingga jutaan rupiah
Gunungkidul -

PLN Unit Wonosari memastikan sudah memberikan jalan keluar untuk warga Gunung Kidul yang mengalami lonjakan tagihan listrik Rp 44 Juta. Solusi berupa pembayaran hanya ditagihkan sebesar Rp 9 juta disepakati bersama pada tanggal 25 November yang lalu.

Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Wonosari Pranawa Erdianta mengatakan bahwa PLN telah memberikan solusi bahwa pelanggan tidak harus membayar keseluruhan biaya tunggakan, tetapi hanya kurang dari Rp 9 juta dan diangsur selama 6 bulan.

Pranawa menyebut, atas solusi yang diberikan, pelanggan mengaku berterima kasih dan bersyukur karena pengurangan tersebut sangat meringankan dan solutif baginya.

Menurutnya, lonjakan tagihan tersebut terjadi karena rekening yang ditagihkan kepada pelanggan setiap bulan lebih rendah dari pemakaiannya dan terakumulasi selama bertahun-tahun.

"Itu yang menyebabkan tagihan melonjak sangat besar, namun kami bergerak cepat untuk segera mencarikan solusi terbaik bagi pelanggan tersebut," kata melalui keterangan tertulis yang diterima detikcom, Sabtu (28/11/2020).

Secara rinci, dia menjelaskan, Mila pelanggan listrik di Wonosari mengalami lonjakan tagihan setara Rp 44 juta akibat pemakaian KWH yang belum tertagih sebesar 28.434 kWh. Hal ini terjadi setelah pada 23 Desember 2014, pelanggan yang rekeningnya tercatat atas nama Hartono tersebut meminta kenaikan daya menjadi 1300 VA.

Sepanjang hampir 6 tahun itu, beban tagihannya terakumulasi sehingga muncul peringatan dalam sistem PLN, sehingga diterbitkanlah surat pemberitahuan kekurangan bayar.

PLN menghimbau kepada pelanggan agar aktif tetap melakukan catat meter mandiri dengan mengirimkan foto angka stan kWh meter ke nomor WA PLN 08122-123-123 sesuai dengan jadwal baca meternya. Serta rutin melakukan pengecekan kesesuaian struk dengan KWh meter.a M

"Dan memberikan informasi kepada PLN jika dirasa tagihan yang diterima tidak sesuai dengan pemakaian," ucapnya.

Berikut cerita warga Gunungkidul yang kaget tagihan listriknya bengkak. Langsung klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2