Tata Kelola ESG di BUMN Meningkat, Apa Itu?

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 30 Nov 2020 12:47 WIB
Logo baru Kementerian BUMN/Screenshot video
Foto: Logo baru Kementerian BUMN/Screenshot video
Jakarta -

Bumi Global Karbon (BGK) melaporkan Tata Kelola Lingkungan, Sosial, dan Perusahaan atau Environmental, Social, Governance (ESG) dari 17 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meningkat.

Laporan BGK mengungkap ESG untuk BUMN Perbankan periode 2018 terendah pada tata kelola lingkungan atau environmental yakni sebesar 11%, tertinggi pada tata kelola perusahaan atau governance 38%. Sedangkan pengungkapan periode 2019 tata kelola environmental sebesar 19% dan governance 34%.

Laporan itu menunjukkan dari 2018 ke 2019 ESG terjadi peningkatan pada tata kelola environmental sebesar +8%. Penurunan terjadi pada social -2% dan governance -4%.

Founder BGK, Ahmad Deni Daruri mengatakan berdasarkan laporan BGK, ESG rata-rata untuk BUMN non perbankan sebesar 5,7% dan BUMN perbankan sebesar 1%.

Menurut Deni dari hasil penghitungan BGK, kini BUMN Perbankan mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada pada tata kelola lingkungan dibandingkan dengan periode sebelumnya.

"Tren menunjukkan bahwa BUMN mulai memperhatikan dan mengungkapkan isu terkait environmental atau lingkungan," papar Deni dalam keterangannya, Senin (30/11/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2