Mau Beli Token Listrik Pakai Aplikasi Serba Bisa? Begini Caranya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 21 Des 2020 12:48 WIB
PLN tengah siapkan aplikasi New PLN Mobile dengan berbagai fitur menarik. Aplikasi itu diharapkan dapat memudahkan pelanggan listrik mengelola kebutuhannya.
Mau Beli Token Listrik Pakai Aplikasi Serba Bisa? Begini Caranya. Foto: Istimewa/Dok. PLN
Jakarta -

PT PLN (Persero) baru saja meluncurkan aplikasi New PLN Mobile. Melalui aplikasi ini, pelanggan bisa mendapat berbagai kemudahan layanan seperti pembelian token listrik bagi pelanggan pra bayar, pembayaran tagihan listrik pelanggan pasca bayar hingga pengaduan.

detikcom pun mencoba aplikasi ini untuk pembelian token, Senin (21/12/2020). Mulanya, tentu saja harus mendownload aplikasi PLN Mobile di Play Store. Begini step by step menggunakan aplikasi ini.

Pertama, setelah terpasang, pelanggan akan diarahkan untuk masuk, ada dua pilihan yakni masuk dengan Google atau Email.

Kedua, pelanggan mengisi profil yang terdiri dari nama lengkap, alamat email dan nomor handphone kemudian simpan untuk ke tahapan selanjutnya.

Aplikasi PLNAplikasi New PLN Mobile Foto: Achmad Dwi Afriyadi

Ketiga, kemudian pelanggan masuk di halaman muka. Di sini ada sejumlah fitur seperti token listrik dan tagihan, ubah daya, catat meter, dan layanan pengaduan PLN.

Keempat, untuk pembelian token, pelanggan mengisi dahulu data ID pelanggan atau nomor meter dengan mengklik tanda plus atau tambah di halaman muka. Isi nomor pelanggan dan tekan petunjuk periksa, maka data ID pelanggan akan muncul sendirinya.

Kelima, kembali ke halaman muka, untuk membeli token pilih fitur token dan tagihan. Kemudian, pilih nominal token yang akan dibeli dan tahapan selanjutnya pilih metode pembayaran.

Keenam, pada metode pembayaran, PLN menyediakan sejumlah metode transaksi seperti virtual account dari beberapa bank seperti Mandiri, BNI, BRI dan BCA. Lalu, ada juga dompet digital seperti LinkAja, OVO dan Gopay. Serta, beberapa metode lain. Setelah dipilih, maka aplikasi menampilkan rincian pembayaran.

Ketujuh, pilih bayar maka akan keluar nomor virtual account sebagai tagihan. Pelanggan bisa bayar tagihan itu melalui mobile banking.

Penasaran? Silakan coba aplikasi PLN Mobile buat beli token listrik dan coba fitur-fitur lainnya.

(acd/fdl)