Waduh! 10 Juta Rumah di Wilayah Ini Mati Listrik

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 29 Des 2020 08:08 WIB
Pemadaman listrik massal yang terjadi di Jakarta dan Jawa Barat gegerkan masyarakat. Selain Jakarta, beberapa kota dan negara ini juga pernah alami hal serupa.
Foto: Dok. Getty Images
Jakarta -

Pemadaman listrik massal terjadi di Meksiko, pemadaman terjadi selama dua jam. Menurut laporan perusahaan listrik negara Meksiko (Comision Federal de Electricidad/CFE) ada 10,3 juta rumah yang terdampak pemadaman.

Pusat Kontrol Energi Nasional Meksiko (Centro Nacional de Control de Energia/CENACE) mengatakan bahwa jaringan listrik di Meksiko kehilangan daya. Jumlahnya mencapai 7.500 megawatt.

Hal itu disebut terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara beban dan pembangkit listrik. Hingga ujungnya pemadaman pun terpaksa dilakukan.

"Skema perlindungan otomatis diaktifkan untuk meminimalkan risiko yang lebih besar," kata CENACE, dilansir dari Reuters, Selasa (29/12/2020).

Hingga kini, CENACE dan CFE pun belum memberikan rincian lebih lanjut tentang masalah pemadaman massal yang terjadi ini.

Sementara itu situs berita lokal Meksiko, Milenio, melaporkan bahwa pemadaman listrik memengaruhi orang-orang di selusin negara bagian serta distrik ibu kota yang padat.

(fdl/fdl)