Catat! Token Listrik Gratis PLN Bisa Dinikmati Mulai 7 Januari 2021

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 01 Jan 2021 15:30 WIB
Warga memasukkan pulsa token listrik di tempat tinggalnya, di Jakarta, Selasa (1/4/2020). Dampak penyebaran pandemi virus COVID-19, Pemerintah mmenggratiskan pembayaran listrik bagi 24 juta masyarakat miskin, untuk pelanggan berdaya listrik 450 VA gratis biaya listrik selama 3 bulan (April-Juni 2020) sedangkan bagi pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi akan diberikan diskon 50 persen. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.
Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Jakarta -

Program token listrik gratis dan diskon tarif listrik bagi pelanggan PLN terus dilanjutkan oleh pemerintah. Rencananya, program ini bisa kembali dinikmati mulai 7 Januari 2021 mendatang.

Sebagaimana diketahui, sejak ada pandemi COVID-19, pemerintah mengeluarkan banyak program bantuan seperti stimulus listrik itu, demi membantu meringankan beban masyarakat tidak mampu bertahan hadapi krisis. Khusus untuk bantuan listrik ini, stimulus yang diberikan punya beberapa kategori pelanggan.

Program bantuan ini diberikan bagi pelanggan kategori rumah tangga daya 450 VA dan 900VA bersubsidi, serta kategori bisnis dan industri daya 450 VA. Stimulus satu ini akan dilanjutkan pemerintah sampai Maret 2021 mendatang.

"Secara sistem kami sudah siap untuk kembali menyalurkan, karena ini sifatnya perpanjangan. Kami optimis penyaluran dapat berjalan dengan baik," ujar Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril dalam keterangan resmi yang dikutip detikcom, Jumat (1/1/2021).

Bagi pelanggan PLN kategori rumah tangga, program ini memberikan diskon 100% kepada pelanggan listrik kategori daya 450 VA dan diskon 50% kepada pelanggan kategori daya 900 VA bersubsidi yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial. Demikian juga untuk pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA, akan diberikan 100% untuk tagihan listrik.

"Kami pastikan pemberian stimulus (token listrik gratis) ini tepat sasaran, khusus kategori rumah tangga sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Kementerian Sosial," ungkap Bob.

Sama seperti sebelumnya, bagi pelanggan PLN pasca bayar, bantuan ini akan langsung masuk dalam tagihan masing-masing pelanggan. Sementara untuk pelanggan prabayar atau yang menggunakan sistem token, besaran bantuan diberikan sama dengan bantuan di tahun 2020.

(fdl/fdl)