Arifin Tasrif Lantik 8 Anggota DEN, Ini Daftarnya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 08 Jan 2021 11:27 WIB
Jakarta Energy Forum 2020 resmi dibuka oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif. Acara ini bertema
Menteri ESDM Arifin Tasrif/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Ketua Harian DEN yakni Menteri ESDM Arifin Tasrif melantik 8 anggota Dewan Energi Nasional (DEN) dari kalangan anggota pemangku kepentingan periode 2020-2025. Pelantikan tersebut ditandai dengan pengucapan sumpah yang dipandu menteri dan diikuti oleh para anggota yang dilantik.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia dan taat pada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya pada bangsa dan negara," kata Arifin dalam pelantikan yang disiarkan lewat YouTube, Jumat (8/1/2021).

Dalam sambutannya Arifin mengatakan, banyak tantangan yang mesti dihadapi dalam pemenuhan kebutuhan energi. Sebut Arifin, meningkatnya kebutuhan energi, di sisi lain pasokan energi terbatas.

"Ke depan kita dihadapkan banyak tantangan terutama peningkatan energi namun dengan kapasitas pasokan energi yang terbatas, yaitu antara produksi minyak turun sementara impor crude dan BBM jenis gasolin masih meningkat," katanya.

Arifin mengatakan, pemerintah telah menyiapkan sejumlah strategi untuk memenuhi kebutuhan energi tersebut. Sebutnya, meningkatkan produksi minyak dengan target 1 juta barel per hari di tahun 2030, meningkatkan kapasitas kilang, hingga meningkatkan penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

"Saya berharap anggota DEN pemangku kepentingan 2020-2025 yang baru dilantik dapat membantu mengakselerasi kebijakan program pemerintah di bidang energi sesuai bidang dan pengalaman masing-masing," ujarnya.

Berikut daftar anggota DEN yang baru dilantik:

1. Agus Puji Prasetyono
2. Musri
3. Satya Widya Yudha
4. Herman Darnel Ibrahim
5. Daryatmo Mardiyanto
6. Eri Purnomohadi
7. Natio Lasman
8. Yusra Khan.

(acd/ara)