Pemerintah Kucurkan Rp 4,57 T buat Diskon Tarif Listrik

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 13 Jan 2021 18:40 WIB
Sebelumnya PLN juga telah menyalurkan bantuan di beberapa lokasi seperti di wilayah Cengkareng, Cempaka Putih, Pondok Gede, Tangerang Selatan dan Bekasi. Hingga 7 Januari 2020, total bantuan yang telah disalurkan PLN untuk korban banjir di Jabodetabek dan Banten senilai Rp 904 juta.
Ilustrasi/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang program stimulus listrik dari tahun lalu hingga kuartal I-2021. Dengan perpanjangan stimulus ini, tambahan subsidi yang bakal digelontorkan sekitar Rp 4,57 triliun.

Stimulus yang digelontorkan seperti diskon listrik 100% atau listrik gratis untuk rumah tangga golongan 450 VA dan diskon 50% untuk 900 VA subsidi.

"Total Rp 4,57 triliun untuk ketiga jenis program stimulus ya, yang satu diskon rumah tangga 450 sama 900 VA, diskon untuk industri dan bisnis kecil, kemudian diskon untuk rekening minimum itu total untuk triwulan I-2021 kita perkirakan Rp 4,57 triliun," kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana, Rabu (13/1/2021).

Dia menjelaskan, program ini diperpanjang mengingat dampak pandemi COVID-19 belum reda. Maka itu, program ini diperpanjang sebagai bentuk jaring pengaman sosial.

Dia melanjutkan, besaran stimulus ini tidak berubah jika dibanding dengan stimulus yang dikucurkan tahun lalu.

"Kami laporkan Pak Menteri bahwa memang betul sesuai arahan Pak Presiden, mengingat pandemi belum mereda kemudian sebagai bentuk atau bagian dari program jaring sosial apakah stimulus diperpanjang lah dari tahun lalu, minimum sampai triwulan I-2021 dengan besaran tidak berubah, sama," paparnya.

(acd/ara)