PLN Minimalisir Pemadaman Dampak Gangguan Pasokan Gas di Medan

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Selasa, 19 Jan 2021 22:42 WIB
PLN memastikan keandalan pasokan listrik saat Nataru. Masa siaga perayaan Nataru kali ini mulai pada 24 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021.
ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Instalasi regasifikasi milik Perta Arun Gas (PAG) yang menyuplai gas untuk kebutuhan beberapa pembangkit listrik di Arun dan Belawan mengalami gangguan. Akibatnya, PLN kehilangan pasokan daya sebesar 1.069 Megawatt (MW) dan menyebabkan gangguan pada pasokan listrik di sekitar wilayah Medan, Sumatera Utara.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, Irwansyah Putra mengatakan pihaknya telah mengoperasikan seluruh pembangkit berbahan bakar minyak, guna mengurangi dampak tersebut sekaligus meminimalisir potensi padam menjadi sebesar 343 MW.

"Jadi secara mesin pembangkit dan jaringan kami tidak ada gangguan, namun karena pasokan gasnya terganggu, jadi mesin pembangkit tidak bisa operasi," tutur Irwansyah dalam keterangan tertulis, Selasa (19/1/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa PLN saat ini terus melakukan koordinasi dengan PAG terkait upaya pemulihan, agar pasokan gas dapat segera normal dan pembangkit listrik berbahan bakar gas bisa kembali beroperasi.

Terkait hal tersebut, mewakili PLN Irwansyah memohon maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan ini. Adapun untuk konfirmasi dan informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi Contact Center PLN 123 (kode area 123) atau melalui aplikasi PLN Mobile.

(ega/hns)