Token Listrik Gratis Maret Bisa Diklaim Lewat Aplikasi PLN, Ini Caranya

Vadhia Lidyana - detikFinance
Senin, 01 Mar 2021 15:49 WIB
Program bantuan token listrik gratis 2021 dilanjut. Masyarakat sudah dapat mengajukan klaim bulan Januari di www.pln.co.id.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Token listrik gratis untuk bulan Maret 2021 ini yang ditujukan kepada penerima stimulus listrik selama pandemi COVID-19 sudah bisa diklaim. Klaim token listrik gratis tak hanya bisa dilakukan melalui situs PLN, tapi juga bisa melalui aplikasi PLN Mobile.

"Stimulus listrik bulan Maret sudah kami siapkan untuk menyalurkannya. Kami menyadari stimulus listrik ini sangat membantu meringankan beban kelompok masyarakat tidak mampu dan rentan dalam menghadapi pandemi COVID-19, ini juga merupakan langkah konkrit PLN ikut serta dalam pemulihan ekonomi Nasional," ucap Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, Agung Murdifi dalam keterangan resmi PLN, Senin (1/3/2021).

Langkah pertama untuk melakukan klaim yakni mengunduh PLN Mobile melalui Playstore atau Appstore. Jika sudah mengunduhnya, maka lanjutkan klaim dengan langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi PLN Mobile.
2. Klik 'PLN Peduli COVID-19' pada bagian Info & Promo.
3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter.
4. Token stimulus listrik akan muncul.
5. Pelanggan tinggal memasukkan Token Stimulus listrik tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

"PLN menambah saluran melalui Aplikasi PLN Mobile untuk lebih mempermudah, karena tinggal buka aplikasi di HP, masukan ID Pelanggan/Nomor Meter, sudah dapat nomor tokennya," jelas Agung.

Klaim Token listrik gratis juga masih bisa dilakukan melalui www.pln.co.id atau melalui layanan WhatsApp ke nomor 08122-123-123.

Penerima token listrik gratis adalah pelanggan rumah tangga daya 450 Volt Ampere (VA), bisnis kecil daya 450 VA, dan industri kecil daya 450 VA. Adapun untuk pelanggan prabayar, setiap bulannya diberikan token diskon 100% alias gratis.

Sementara itu, stimulus untuk golongan pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi pascabayar ialah diskon 50%. Bagi pelanggan prabayar, diskon 50% langsung diterima saat membeli token (harga belum termasuk PPJ).

Stimulus yang diberikan pada periode Januari sampai Maret 2021 ini maksimal setara dengan 720 jam nyala. Pemakaian di atas itu akan dikenakan tarif normal subsidi.

"Jadi untuk pelanggan pascabayar akan langsung mengurangi biaya tagihan listrik, kemudian untuk daya 450 VA prabayar token dapat diperoleh melalui cara yang sudah dijelaskan. Sementara untuk pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi, stimulus diterima ketika melakukan pembelian token listrik," terang Agung.

Token listrik gratis ini nantinya akan berlaku untuk pelanggan pascabayar penghitungan rekening hingga Maret 2021. Sementara itu, untuk pelanggan pra bayar berlaku saat pembelian token listrik hingga Maret 2021.

Lihat juga Video: 5 Cara Dapatkan Token Listrik Gratis

[Gambas:Video 20detik]



(vdl/fdl)