Turun Lagi, Harga Minyak Dunia Merosot 1% Hari Ini

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 02 Mar 2021 17:02 WIB
Sempat Anjlok, Kini Harga Minyak Mentah Dunia Menguat Berkat AS-Rusia
Foto: DW (News)
Jakarta -

Harga minyak dunia turun 1% hari ini, tren penurunan terjadi sejak pekan lalu. Turunnya harga minyak didorong oleh kabar bahwa Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) akan menggenjot pasokan minyak.

Dikutip dari Reuters, Selasa (2/3/2021), harga minyak mentah jenis Brent turun 70 sen, atau 1,1% menjadi US$ 62,99 per barel setelah kehilangan 1,1% di hari sebelumnya. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun 71 sen, atau 1,2% menjadi US$ 59,93 per barel, setelah kehilangan 1,4% pada hari Senin.

Jika OPEC setuju meningkatkan pasokan minyak dunia, hal itu diprediksi akan berdampak buruk pada permintaan minyak di China yang akan melambat. Sebelumnya rencana OPEC + yang akan meningkatkan produksi minyak mulai April lalu juga mendorong harga minyak turun.

Kekhawatiran atas peningkatan pasokan OPEC + dan berakhirnya pemotongan sukarela Arab Saudi sebesar 1 juta barel per hari (bph) bulan ini juga diprediksi menjadi penyebab turunnya harga minyak dunia.

Produksi minyak OPEC turun pada Februari karena pemangkasan sukarela oleh Arab Saudi ditambahkan ke pengurangan yang disepakati OPEC +. Kini organisasi itu sedang memantau inventaris global dan tingkat penarikan minyak yang akan menjadi bahan yang dibahas pada pertemuan Kamis mendatang.



Simak Video "Harga Minya Dunia Anjlok, Jokowi: Manfaatkan Peluang Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)