Pertamina Dongkrak Penjualan Pelumas Enduro di Thailand

Yudistira Imandiar - detikFinance
Senin, 08 Mar 2021 18:10 WIB
Pertamina
Foto: Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina Lubricants, melalui anak perusahaannya Pertamina Lubricants (Thailand) Co.,Ltd. (PLT) menggandeng Iyara Energy Group Co.,Ltd sebagai salah satu distributor di segmen penjualan pelumas kendaraan roda dua. Kerja sama tersebut ditargetkan bisa meningkatkan penjualan pelumas Pertamina di Thailand.

Penandatanganan kontrak kerja sama distributorship antara Pertamina Lubricants (Thailand) dan Iyara Energy Group berlangsung di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia Bangkok, Jumat (5/3). Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PLT Darwin Harianja yang juga merupakan salah satu Direktur INTCC (Indonesia Thailand Chamber of Commerce) dan Chairman Iyara Energy Group Co.,Ltd. Sasithorn Nontleeraksa. Perjanjian kerja sama ini juga disaksikan langsung oleh Duta Besar Indonesia Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand Rachmat Budiman.

Pelumas Pertamina telah dipasarkan di Thailand sejak lima tahun lalu ketika PLT resmi berdiri sebagai anak perusahaan PT Pertamina Lubricants. Terdapat tiga distributor yang fokus pada segmen yang berbeda-beda antara lain segmen retail 4W dan industri. Kerja sama dengan Iyara Energy Group akan memperluas jangkauan pasar Pertamina Lubricants ke segmen roda dua, melalui brand Enduro.

"Thailand merupakan negara dengan pasar pelumas yang terus tumbuh dan memikat. Sebagai induk, kami terus mendorong PLT untuk lebih agresif di tengah persaingan yang ketat. Dengan adanya anak perusahaan PLT di Thailand, maka pelumas Pertamina semakin dekat dengan pasar dan konsumen di negara gajah putih ini," jelas Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants Andria Nusa dalam keterangan tertulis, Senin (8/3/2021).

Andira mengulas pertumbuhan pasar pelumas 2W di Thailand terus menunjukkan tren positif dari tahun ke tahun, dan merupakan segmen yang paling sedikit terpengaruh oleh pandemi. Seperti di negara ASEAN atau Indochina lainnya, kata dia, pasar 2W sangat tahan terhadap krisis.

"Dengan partnership atau kemitraan lokal ini maka kami optimis akan terus tumbuh di pasar internasional. Kami berharap produk pelumas Pertamina dapat memenuhi kebutuhan konsumen lokal dan Pertamina dapat terus berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dan Thailand," sebut Andria.

Duta Besar Indonesia Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand Rachmat Budiman mengapresiasi kerja sama yang dilakukan PLT dengan Iyara Energy Group. Menurutnya langkah tersebut akan berdampak pada pemulihan ekonomi Indonesia.

"Kami berharap kiranya pada saatnya nanti dapat juga menyaksikan pencapaian target pemasaran sebagaimana direncanakan kedua belah pihak. Hal ini juga menunjukkan komitmen kuat Indonesia dan Thailand untuk keluar sebagai pemenang dari krisis pandemi menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat kedua negara melalui kerja sama perdagangan dan investasi kedua negara yang saling menguntungkan," papar Rachmat.

Pada awal 2015, PLT mulai memproduksi dan mendistribusikan produk pelumas industri untuk berbagai sektor usaha, meliputi agrobisnis dengan produk pelumas unggulan yakni Meditran SXT 15W-40 API CI-4 Plus, Turalik 52 ISO VG 68. Selanjutnya pada 2016, PLT melakukan pengiriman perdana (first shipment) produk pelumas Turalik ke salah satu rekanannya di Thailand yakni TGI Import Export Co.,Ltd. serta memproduksi pelumas industri lainnya guna memenuhi kebutuhan di berbagai sektor usaha di Thailand.

Selain itu, PLT juga memproduksi serta memasarkan varian-varian pelumas untuk segmen otomotif 4W seperti Fastron Series yakni Fastron Gold 5W-30 API SN, Fastron Techno 10W-40 API SN, dan Fastron Diesel Gold 10W30 CI4.

(fhs/hns)

Tag Terpopuler