Respons Ahok soal Kebakaran Kilang Balongan Pertamina

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 29 Mar 2021 19:30 WIB
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok meluncurkan buku Panggil Saya BTP di Gedung Tempo, Palmerah, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tak banyak memberi tanggapan soal kebakaran Kilang Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Kilang tersebut terbakar dini hari tadi.

Saat ditanya penyebab dan arahan kepada direksi, Ahok hanya mengatakan agar hal ini ditanyakan kepada direktur utama (Dirut).

"Bisa ke dirut," katanya kepada detikcom, Senin (29/3/2021).

Manajemen Pertamina sendiri mengklaim, kebakaran Kilang Balongan ini tidak berpengaruh pada pasokan BBM. Menurut Pertamina, pasokan saat ini berjalan normal. Kebakaran tersebut terjadi di Kilang Pertamina Balongan pada tangki T-301G pada tanggal 29 Maret 2021 mulai sekitar pukul 00.45 dini hari.

"Dengan adanya insiden ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal," ujar Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya dalam keterangannya.

Sementara, Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury mengatakan, pihaknya bersama kepolisian melakukan investigasi untuk mencari penyebabnya.

"Kami sedang memastikan bahwa produksi dan persediaan yang ada cukup untuk memastikan konsumsi BBM, serta investigasi termasuk dengan kepolisian untuk memastikan penyebabnya (kebakaran Kilang Balongan), serta memastikan pengamanan juga di fasilitas-fasilitas kilang serta fasilitas lainnya," katanya.

(acd/fdl)