Dianggap Kilang Minyak Terbesar Asia Tenggara, Ini Produk RU VI Balongan

Rosmha Widiyani - detikFinance
Rabu, 31 Mar 2021 10:48 WIB
Pertamax Turun Harga

Pengedara mengisi Bahan Bakar Minyak kerndaraan mereka di SPBU CIkini, Jakarta, Minggu (10/2/2019).  PT Pertamina (Persero) secara resmi menurunkan harga BBM jenis Pertamax dari Rp10.200 menjadi Rp9.950 per liter pada Sabtu (9/2) kemarin. Grandyos Zafna/detikcom
Foto: Grandyos Zafna/Dianggap Kilang Minyak Terbesar Asia Tenggara, Ini Produk RU VI Balongan
Jakarta -

Terbakarnya Kilang Balongan atau lengkapnya PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) VI Balongan di Indramayu, Jawa Barat pada Senin (30/3/2021) diiringi beragam hoaks. Salah satunya gangguan kecukupan bahan bakar di seluruh Indonesia.

Dalam hoaks berbentuk pesan berantai yang diupload di Instagram PT Pertamina di akun Pertamina itu berisi narasi akan terjadi kelangkaan BBM terutama wilayah Jawa Barat dengan terbakarnya Kilang Balongan yang disebut sebagai kilang minyak terbesar di Asia Tenggara.

"Kilang pertamina terbesar se Asia Tenggara meledak, kemungkinan besar suplai bahan bakar akan mengalami kelangkaan di pulau jawa khususnya Jawa Barat," tulis hoaks tersebut dilihat detikcom pada Selasa (30/3/2021).

Hoaks ini dibantah Pertamina yang menyatakan, stok BBM masih sangat cukup. Pertamina juga menyampaikan yang terbakar adalah tangki bukan Kilang Balongan. Sehingga, operasional bisa langsung berjalan usai api padam.

"Jadi tidak perlu panik karena stok banyak dan sangat luber dan kilang tidak ada masalah. Kilangnya normal shut down, begitu kebakaran tertangani bisa produksi," ujar Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono.

Pemadaman atau normal shut down berlangsung sekitar 4-5 hari, dengan perkiraan kehilangan produksi kilang sekitar 400 ribu barel. Mulyono menjelaskan, kehilangan ini akan disuplai Kilang Pertamina Cilacap dan RDPU.

Kilang Balongan memang baru mulai beroperasi tahun 1994, namun sangat strategis bagi bisnis Pertamina dan kepentingan nasional. Pertamina RU VI juga punya nilai ekonomis tinggi, dengan beragam produk unggulan.

Berikut produk unggulan Kilang Balongan:

  1. Premium
  2. Pertamax
  3. Pertamax Plus
  4. Solar
  5. Pertamina DEX
  6. Kerosene (Minyak Tanah)
  7. LPG
  8. Propylene

Situs Pertamina menyebutkan, visi Pertamina (Persero) RU VI Balongan adalah menjadi kilang terkemuka di Asia tahun 2025. Saat ini Kilang Balongan bertugas menjaga kestabilan pasokan BBM ke DKI Jakarta, Banten, dan sebagian Jawa Barat yang merupakan pusat bisnis serta pemerintahan.



Simak Video "Pertamina Sebut Api yang Bakar Tangki Minyak di Balongan Sudah Dilokalisir"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)