Lolos Seleksi, 33 Orang Bersaing Jadi Bos BPH Migas

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 31 Mar 2021 16:46 WIB
BPH Migas
Foto: BPH Migas
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, pemerintah membuka kerja untuk posisi Kepala dan Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas). Hal itu tertuang dalam surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor: 1.Pm/KP.03/SJN.P/2021 tertanggal 20 Januari 2021.

Pendaftaran lowongan tersebut dibuka dari tanggal 21 Januari sampai dengan 9 Februari 2021 dan diperpanjang sampai 26 Februari 2021. Dari rentang waktu tersebut tercatat ada sebanyak 96 orang yang mendaftar, di mana 33 orang di antaranya dinyatakan lolos berbagai seleksi yang diadakan.

"Berdasarkan seleksi administrasi sesuai persyaratan sebanyak 33 orang memenuhi persyaratan," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM sekaligus Ketua Panitia Seleksi Calon Ketua dan Anggota Komite BPH Migas, Ego Syahrial dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (31/3/2021).

Untuk diketahui, usai proses pendaftaran para peserta tadi harus mengikuti beberapa jenis seleksi. Seleksi itu terdiri dari seleksi penulisan makalah yang dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2021, dilanjutkan dengan asesmen pada Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia pada tanggal 8-10 Maret 2021. Lalu, terakhir berupa seleksi wawancara oleh Panitia Seleksi pada tanggal 29-30 Maret 2021 kemarin.

Adapun Panitia Seleksi Calon Ketua dan Anggota Komite BPH Migas kali ini terdiri dari 1 Ketua dan 6 Anggota. Ketua panitia seleksi adalah Sekjen ESDM sendiri, lalu anggotanya terdiri dari Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Askolani, Direktur Kelembagaan dan Tata Laksana, Kementerian PAN dan RB Rini Widyantini, Deputi Administrasi Aparatur, Kementerian Setneg Nanik Purwanti, Kakorbinmas Baharkam Polri Suwondo Nainggolan, Guru Besar Hukum Internasional UI Rektor Universitas Jenderal A Yani, Hikmahanto Juwana.

Selanjutnya, nama 33 peserta yang lolos seleksi tadi akan diusulkan kepada Presiden Joko Widodo pada minggu kedua April 2021.

"Dari proses yang telah dilaksanakan maka Menteri ESDM akan menyampaikan usulan kepada Bapak Presiden pada minggu kedua April 2021," terang Ego Syahrial

Lihat juga video '3 Pukulan Telak Corona Buat Pertamina, Apa Saja?':

[Gambas:Video 20detik]



(hns/hns)