Mau Pakai Kompor Listrik? Jangan Lupa Cek Setrum sama Panci

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 05 Apr 2021 08:03 WIB
Ilustrasi kompor induksi, kompor listrik
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/brizmaker
Jakarta -

Pemakaian kompor listrik tengah digaungkan pemerintah. Dengan pemakaian kompor listrik, diharapkan dapat mengurangi impor LPG.

Pemakaian kompor listrik juga diyakini memberi keuntungan bagi konsumen. Beberapa keuntungannya seperti panasnya lebih merata, temperatur bisa diatur, lebih aman karena tidak mengeluarkan api, hingga lebih mudah diatur penempatannya.

Nah, bagi Anda yang berniat memakai, tak ada salahnya mencari informasi mengenai kompor listrik ini. Soal harga misalnya, bisa dilihat di toko online.

Seperti dilihat detikcom, Minggu (4/4/2021), untuk kompor satu tungku ada yang harganya Rp 340.000, Rp 199.000, Rp 224.000, Rp 485.000, Rp 455.000, dan lain-lain. Dengan kata lain, banyak kompor listrik yang harganya di bawah Rp 1 juta.

Tentu, ada juga kompor listrik satu tungku ini yang di atas Rp 1 juta. Harga tersebut tergantung, merek dan kualitas kompor.

Ada juga kompor listrik dua tungku yang harganya Rp 835.000, Rp 750.000, Rp 1.699.000, Rp 1.889.900, dan lain-lain.

Patut dicatat, tidak semua alat masak seperti panci dan wajan bisa digunakan untuk kompor tersebut. Dikumpulkan dari berbagai sumber, panci atau wajan yang digunakan biasanya terbuat dari stainless steel atau besi. Kadang, ada juga yang memakai bahan granit.

Tak hanya itu, peralatan masak yang digunakan biasanya memiliki alas yang datar. Hal tersebut tidak seperti peralatan masak seperti untuk kompor gas atau kompor minyak tanah yang kadang berbentuk cekung di bagian bawahnya.

Nah, peralatan masak untuk kompor listrik ini sendiri juga sudah banyak tersedia di toko-toko online. Harganya pun bervariatif tergantung merek dan kualitasnya.

Seperti yang dilihat detikcom di salah satu e-commerce, ada wajan yang dijual satu set, ada juga yang satuan. Untuk satuan harganya beragam, ada yang harganya Rp 175.000, Rp 189.000, Rp 219.000.

Di toko online, biasanya keterangan panci atau wajan yang bisa dipakai untuk kompor listrik tertulis di bagian deskripsi. Bagi Anda yang berniat memakai kompor listrik dan mau membeli peralatan masaknya, pastikan peralatan tersebut bisa digunakan untuk kompor listrik dengan mengeceknya di bagian deskripsi.

Tentu saja, saat membeli Anda juga harus memastikan rekam jejak dari toko online tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2