2 Anak BUMN Kerja Sama Dongkrak Pontensi Hulu Migas

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 08 Apr 2021 09:28 WIB
Harga Minyak Jatuh, Laba Perusahaan Migas Anjlok
Foto: BBC
Jakarta -

Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai anak usaha PT Pertamina (Persero) meresmikan Cirebon Shorebase PHE Abar dan PHE Anggursi di Pelabuhan Cirebon yang merupakan wilayah kerja PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC.

Acara ini merupakan peresmian fasilitas pelayanan shorebase yang dioperasikan oleh PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP Multipurpose) yang merupakan anak perusahaan dari Pelindo II (IPC).

VP Eksplorasi PHE Farid Rochmadianto mengatakan kerja sama ini telah dimulai pada bulan November 2019 dan pada awalnya hanya sebatas kegiatan penumpukan casing atau pipa.

"Namun hingga saat ini, dan hari ini adalah bukti nyata bahwa kegiatan kerjasama telah berhasil menjadi Integrated Shorebase Services yang mampu memberikan pelayanan kegiatan Shorebase yang lengkap dan berstandar keselamatan hulu migas," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PTP Multipurpose Drajat Sulistyo mengatakan langkah ini menjadi salah satu sinergi BUMN yang dilakukan dalam sektor migas.

"Penyelenggaraan & operasi Shorebase and Facilities Services oleh PTP Multipurpose di Pelabuhan Cirebon ini merupakan wujud nyata dari program sinergi BUMN antara Pertamina Hulu Energi dengan IPC Group dan melalui sinergi ini, diharapkan dapat menjadi lokomotif penggerak efisiensi biaya di sektor hulu migas dan sekaligus terciptanya layanan yang jauh lebih efisien," tuturnya.

Selain itu, General Manager PHE Anggursi Joko Mulyono berharap kerja sama ini bisa terus ditingkatkan untuk ke depannya.

"Sejauh ini, kami sangat senang dengan adanya dukungan yang baik dari IPC dan PTP Multipurpose dalam memfasilitasi kegiatan shorebase dan kami mengharapkan kerjasama ini akan selalu ditingkatkan di masa yang akan datang," katanya.