Pabrik Mobil Listrik Hyundai Rp 21 T Mulai Produksi Akhir 2021

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 12 Apr 2021 12:13 WIB
Mobil listrik Hyundai Ioniq 5, 6, dan 7
Ilustrasi/Foto: Pool (hyundai/autocar)
Jakarta -

Proyek pabrik mobil listrik yang dibangun perusahaan asal Korea Selatan, Hyundai Group di Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat nyaris rampung. Targetnya, pengerjaan proyek pabrik ini rampung per Juli 2021 mendatang dan bisa mulai produksi akhir tahun ini.

"Sudah hampir mencapai 90% dan akan selesai kurang lebih di bulan Juli ini di mana di akhir tahun ini kita sudah bisa mulai memproduksi," ujar Sales Director Hyundai Mobil Indonesia Erwin Djajadiputra dalam acara PLN ICE 2021, Senin (12/4/2021).

Untuk diketahui, Hyundai Group telah menggelontorkan investasi di Indonesia untuk membangun pabrik mobil listrik itu hingga sebesar US$ 1,5 miliar atau setara Rp 21,8 triliun. Rencananya, di pabrik itu nanti, Hyundai akan memproduksi kendaraan listrik (electric vehicle/EV), dan mobil lainnya jenis SUV kompak, MPV kompak, dan model sedan.

Adapun kapasitas pabrik ini diproyeksi bisa mencapai 150.000 unit kendaraan per tahun dan diharapkan bisa meningkat hingga 250.000 unit kendaraan setiap tahunnya.

Targetnya, selain memasok untuk pasar lokal Indonesia, produksi pabrik ini juga akan ditujukan ke pasar-pasar baru di kawasan ASEAN, seperti Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Filipina.

Selama menunggu pabrik mobil itu jadi, Hyundai sendiri sudah memasarkan beberapa mobil listriknya seperti mobil listrik Ioniq dan Kona Electric.

(eds/eds)