Pipa Minyak Pertamina Bocor di Pantai Karawang, Cemari Laut Sekitar

Hendra Kusuma - detikFinance
Selasa, 20 Apr 2021 15:00 WIB
Bencana tumpahan minyak Pertamina
Foto: Ilustrator: Edi Wahyono
Jakarta -

Pipa milik Pertamina bocor dan tumpahannya minyak mentah mencemari Laut sekitar. Kebocoran terjadi di sekitar area BZZA atau sekitar 15 mil dari bibir pantai Karawang. Kebocoran ini sudah terjadi sejak tanggal 15 April 2021 sore hari.

Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) menyebut pihaknya sudah mengambil langkah-langkah penanganan dengan menutup pipa untuk menghentikan aliran minyak dan berhasil menangani kebocoran yang terjadi.

"Kami juga melakukan komunikasi dan koordinasi intensif dengan SKK Migas, Ditjen Migas, DLHK Kabupaten Karawang, serta pemangku kepentingan lainnya terkait penanganan sisa kebocoran minyak," kata Manager Communications Relations & CID PHE ONWJ, Hari Setyono dalam keterangan resminya, Selasa (20/4/2021).

PHE ONWJ, dikatakan Hari, juga mengerahkan beberapa kapal untuk melakukan pembersihan sisa kebocoran minyak dan pengamanan serta perbaikan pipa di lokasi kejadian. Selain itu melakukan pemantauan melalui laut dan udara mengikuti trajektori MOTUM (Model Tumpahan Minyak) termasuk fasilitas produksi PHE ONWJ dan area potensial lainnya untuk memastikan kondisi aman dan terkendali.

Menurut dia, PHE ONWJ telah mempunyai tata kerja dalam mengatasi kejadian seperti ini, di samping patroli yang dilakukan secara rutin pada setiap fasilitas aset yang ada, jadi tidak hanya saat kejadian saja. Pengecekan sudah merupakan standar prosedur operasi.

Dalam operasinya, dirinya mengungkapkan pihaknya akan mengutamakan aspek keselamatan, kesehatan kerja dan Lindungan lingkungan.

"Kami memastikan, PHE ONWJ melakukan upaya intensif dengan melibatkan seluruh sumber daya termasuk kolaborasi dari eksternal yang memiliki kapabilitas menangani hal ini untuk mengurangi dampak," ungkapnya.

Simak juga video 'Indonesia Mulai Menertibkan Ruang Bawah Laut':

[Gambas:Video 20detik]



(hek/fdl)