Konon Calon Investor Kilang Balikpapan Cabut, Bos Pertamina Bersuara

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 31 Mei 2021 18:20 WIB
Kilang Balikpapan
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

Calon investor dikabarkan menarik diri dari pengembangan kilang RDMP Balikpapan. Informasi yang berkembang, ada dua investor yang akan cabut.

Wakil Ketua Komisi VII Eddy Soeparno pun mengklarifikasi hal tersebut. Ia juga menanyakan dampak dari hengkangnya calon investor ini.

"Andaikata betul sejauh mana itu akan berdampak terhadap pembangunan daripada kedua refinery yang saya mention barusan," katanya dalam rapat di Komisi VII, Senin (31/5/2021).

Merespons hal tersebut, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, dalam pemilihan mitra di RDMP Balikpapan, ada dua mitra yang sudah mengerucut, salah satunya Mubadala. Dalam perkembangnya, ada hal-hal yang pihaknya belum sepakati.

Memang belum formal, dia mengatakan, salah satu dari mitra tersebut menyatakan mundur.

"Secara formal belum, dari informal salah satu pihak dari dua yang tadi ini menyatakan mundur," katanya.

Satu mitra yang lain masih dalam pembahasan. Nicke menambahkan, sejalan dengan itu Indonesia Investment Authority (INA) berencana masuk ke RDMP Balikpapan. Saat ini, pihaknya membuka komunikasi dengan INA.

Dia berharap, mundurnya salah satu mitra tak memberi dampak besar ke proyek karena porsinya tidak besar.

"Dengan ini kita berharap dampak secara informal mundurnya salah satu tidak menghambat progres proyek, karena sebetulnya equity partner ini porsinya tidak terlalu besar, dan untuk porsi loan berjalan terus," katanya.

Tonton juga Video: BUMN Akan Bangun 1.000 Pertashop di Pesantren

[Gambas:Video 20detik]



(acd/dna)