PPSDM Migas Genjot Kualitas SDM dengan Pendidikan Vokasi

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Kamis, 03 Jun 2021 10:41 WIB
Pendidikan vokasi.
Foto: dok. PPSDM Migas
Jakarta -

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) rutin mengikuti kegiatan vokasi di Indonesia. Terbaru, ada enam pelatihan kerja sama antara PPSDM Migas dan Politeknik Akamigas Palembang yang dibuka secara serentak.

Vokasi dibuka pada Rabu (2/6) yang mencakup Petugas Pengukur Isi Tangki, Teknisi Operasi Crude Oil Distilliing Unit, Petugas Pengambil Contoh Air dan Air Limbah, Operasi Produksi Migas Tingkat OPM (Operator Produksi Muda), Pengenalan Operasi Produksi Migas dan Blending Crude Oil dan Produknya.

Menurut Kepala PPSDM Migas Waskito Tunggul Nusanto, sebanyak 110 mahasiswa dari Politeknik Akamigas turut mengikuti pelatihan tersebut secara blended learning yaitu teori diberikan secara daring dan praktek diadakan secara luring di PPSDM Migas.

"Mahasiswa yang mengikuti pelatihan di PPSDM Migas itu harus mempergunakan waktu yang sangat singkat untuk mengaktualisasikan apa yang telah diperoleh sebelumnya di perkuliahan pada kondisi real di lapangan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (3/6/2021).

Dia mengatakan PPSDM Migas adalah pusat pengembangan SDM migas yang memiliki sarana dan fasilitas secara real tidak hanya berupa alat peraga, tetapi juga punya kilang Crude Destilation Unit (CDU), berikut dengan sarana penunjangnya seperti utilitas dan laboratorium yang sangat lengkap.

"Dengan kapasitas tenaga pengajar widyasiwara dan instruktur yang berpengalaman, hal ini dapat menciptakan lulusan yang sukses berkarier di industri migas," imbuhnya pada pembukaan rangkaian pelatihan kerja sama antara PPSDM Migas dan Politeknik Akamigas Palembang beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Tunggul mengungkapkan pihaknya mendukung program vokasi di Indonesia karena setelah lulus dari program vokasi, peserta harus dapat fit in di industri. Terlebih PPSDM Migas, kata dia, mempunyai kilang yang dapat mengolah crude oil untuk dijadikan berbagai macam produk.

"Harapannya ke depan teman-teman dari Politeknik Akamigas Palembang ini mendapatkan sertifikat kompetensi di industri migas. Sertifikasi dari LSP PPSDM Migas telah diakui baik nasional maupun internasional terlisensi BNPS terakreditasi KAN. Untuk itu, kami berharap semoga kerja sama ini terus berlanjut sehingga nanti teman-teman dari Akamigas Palembang dapat kemabli lagi ke PPSDM Migas untuk mengambil sertifikasi kompetensi," pesannya.

Sementara itu, Wakil Direktur Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Politeknik Akamigas Palembang, M. Ali Malik berharap para mahasiswa dapat mengambil pengayaan keilmuan dari pelatihan tersebut, sehingga program sertifikasinya dapat terealisasi.

"Sehingga nanti sertifikatnya dapat dipergunakan selepas lulus dari Politeknik Akamigas Palembang," imbuhnya.

Sebagai informasi, PPSDM Migas mempunyai berbagai macam pelatihan dari sektor hulu, hilir dan pendukung migas yang mampu mencetak pekerja atau ahli perminyakan yang berkarier di industri migas di Indonesia.

(prf/ara)