Tips Hemat Listrik Biar Nggak Disatroni Petugas PLN Gegara Nunggak

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 01 Agu 2021 14:15 WIB
PLN mengerahkan petugas untuk memastikan kesesuaian tagihan rekening listrik penggunanya.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Belum lama ini viral video seorang petugas PLN diludahi oleh pelanggan. Kejadiannya ketika petugas menagih tunggakan dan hendak memutus jaringan listriknya.

Nah buat detikers kalau bisa jangan sampai menunggak listrik ya. Untuk menghindari itu tentu pemakaian listrik jangan sampai boros.

Berikut ini ada 5 tips agar menjaga pemakaian listrik tetap hemat dilansir dari HaiBunda:

1. Batasi penggunaan pemanas air listrik & durasi mandi

Jika menggunakan pemanas air dengan daya listrik Coba batasi penggunaannya. Batasi juga durasi mandi agar lebih singkat. Jika dilakukan dengan konsisten dalam waktu yang cukup panjang, pasti akan terlihat penghematannya.

2. Kurangi masak air dengan termos listrik

Sebagai opsi, mungkin bisa menggunakan termos tradisional untuk menyimpan air panas. Jadi, merebus air hanya cukup sekali untuk penggunaan beberapa waktu ke depan. Listrik lebih hemat, praktis pun!

3. Ganti bohlam lampu

Ganti bohlam lampu dalam rumah dengan model terbaru yang lebih hemat energi. Bohlam lampu dengan jenis CFL atau LED menggunakan daya 25% sampai 80% lebih hemat energi dibanding yang biasa.

Penggunaan bohlam LED juga akan lebih awet dan tahan lama dibanding lampu biasa. Selain hemat energi dan listrik, tentu tak boros untuk membeli lampu dalam beberapa bulan ke depan.

4. Jangan mengisi daya ponsel semalaman

Sering mengisi daya ponsel semalaman? Tentu ini tidak akan menghemat energi. Salah satu cara menghemat energi dengan mengurangi kebiasaan tersebut.

Biasakan mengisi daya ponsel beberapa jam sebelum pergi tidur. Cabut charger sebelum tidur dan Bunda tak perlu khawatir baterai ponsel habis pada pagi hari sebelum beraktivitas.

5. Buka gorden di siang hari

Bukalah gorden pada pagi hingga sore hari untuk menghemat energi di rumah. Bunda tidak perlu memakai lampu karena ada pencahayaan alami

Untuk itu, penting memiliki rumah dengan sirkulasi cahaya serta udara yang baik. Selain lebih sehat, Bunda juga bisa hemat energi dengan menggunakan pencahayaan alami.

(das/zlf)