4 Catatan Respons Erick-Ahok Pertamina Tembus Fortune Global 500

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 03 Agu 2021 20:00 WIB
Kantor Pertamina
Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta -

Perusahaan minyak dan gas RI, PT Pertamina (Persero) menduduki urutan 287 di Fortune Global 500. Perusahaan BUMN itu menjadi satu-satunya perusahaan RI di Fortune Global 500 2021.

Atas pencapaian Pertamina, Menteri Erick Thohir dan Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama memberikan ucapan selamat dan harapan kepada Pertamina

Berikut ucapan dan harapan dari Erick Thohir dan Ahok.

1. Berharap Tembus 50 Besar

Menteri BUMN Erick Thohir optimis Pertamina bisa menjadi 50 perusahaan terbesar dunia dan BUMN lainnya juga bisa masuk top 500 di Fortune Global 500.

"Benchmark kita haruslah tinggi. Jadi tidak cukup sekadar top 500, kita bisa lebih baik lagi. Mimpi kita bahwa Pertamina bisa menjadi 50 perusahaan terbesar di dunia dan BUMN kita yang lain masuk juga ke top 500," ujarnya, dalam keterangannya, Selasa (3/8/2021).

2. Apresiasi Prestasi di Tengah Pandemi

Menurut Erick, di tengah pandemi yang mempengaruhi perlambatan sektor bisnis, Pertamina tetap mampu menjadi salah satu motor penggerak perekonomian.

"Tidak hanya performa dari sisi bisnis, pada era pandemi saat ini kita dapat melihat sentralnya peran Pertamina lewat sejumlah lini bisnisnya dalam usaha mendukung kesehatan masyarakat. Mulai dari rumah sakit, hotel yang dialihfungsikan sebagai tempat isolasi dan istirahat tenaga kesehatan, hingga ikut aktif dalam menjamin ketersediaan oksigen," ungkap Erick.

Dia menilai pengakuan dunia akan eksistensi Pertamina adalah bukti berjalannya pembenahan organisasi. Salah satu perubahannya adalah menerapkan core value perusahaan yang amanah, kompeten, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

3. Masih Kalah dengan Petronas

Dalam Fortune Global 500, Pertamina menduduki urutan 287, namun masih di bawah China National Petroleum (4), Sinopec (5), BP (18), Royal Dutch Shell (19), Exxon Mobile (23), Chevron (75) dan Petronas (277).

Menanggapi hal itu, Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan Pertamina harus bekerja lebih keras lagi karena masih tertinggal jauh dari Petronas dan perusahaan minyak lainnya.

"Dibanding Petronas dan perusahaan minyak lainnya masih tertinggal jauh. Harus kerja lebih keras," kata Ahok, kepada detikcom, Selasa (3/8/2021).

4. Ahok Apresiasi Kinerja Manajemen-Komisaris

Ahok pun memberikan ucapan selamat kepada kepada jajaran manajemen, hingga Dewan Komisaris (BOC) dan Dewan Direksi (BOD) dan seluruh sub-holding.

"Selamat kepada jajaran manajemen yang telah bekerja melakukan cost optimasi dan juga kerja BOC, BOD, seluruh sub holding yang bekerja mendukung kebijakan manajemen Persero (holding)," kata Ahok

Selain ucapan selamat dia juga memberikan pesan. "Hilangkan kekeliruan," ujar Ahok.

(eds/eds)