Masih Gratis! Begini Penampakan 'SPBU' Listrik di MT Haryono

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 05 Agu 2021 15:01 WIB
SPBU Listrik
Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta -

Dua Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) diluncurkan di Jakarta hari ini. Salah satunya berlokasi di SPBU Pertamina 31.128.02 MT Haryono, Tebet.

Dari pantauan detikcom, Kamis (5/8/2021), ada satu unit SPKLU di kawasan SPBU MT Haryono. Bentuknya tak berbeda seperti alat pengisian BBM, SPKLU ini warnanya hijau-putih.

SPKLU yang diresmikan di SPBU jalan MT Haryono dan Lenteng Agung memiliki spesifikasi tipe rapid/fast dengan tiga jenis kontak tusuk. Dua di antaranya digunakan untuk mengisi listrik pada mobil dengan sistem listrik DC. Satunya lagi untuk sistem AC.

'SPBU' Listrik'SPBU' Listrik Foto: Herdi Alif Al Hikam

Rinciannya, kontak tusuk pertama berjenis CHAdeMO dengan kekuatan rapid charging DC 50 kW. Kontak tusuk ke dua berjenis CCS 2 Combo yang juga digunakan untuk rapid charging DC dengan kekuatan 50 kW. Kemudian yang ketiga adalah kontak tusuk berjenis AC Type 2 untuk AC fast charging 43 kW.

SPKLU ini juga bisa melakukan pengisian daya untuk dua mobil sekaligus. Dengan catatan satu mobil sistem listrik DC dan satunya lagi sistem AC.

Saat detikcom berkunjung ke lokasi kebetulan tidak ada mobil listrik yang melakukan pengisian daya. Namun, menurut petugas biasanya ada 4-6 mobil per harinya yang mengisi daya di SPKLU MT Haryono. Meski baru diluncurkan, SPKLU ini sudah dibuka untuk umum sejak 2 bulan lalu.

Pemilik kendaraan listrik saat ini dapat memanfaatkan SPKLU tersebut secara gratis. Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menjelaskan, pihaknya sedang mengurus perizinan untuk SPKLU ini.

Perizinan apa yang sedang diurus? klik halaman berikutnya.