Mau Isi Daya Gratis di 'SPBU' Listrik? Simak dulu Spesifikasi Chargernya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 05 Agu 2021 15:30 WIB
SPBU Listrik
Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta -

Pemilik mobil listrik bisa mengisi daya gratis bisa dilakukan di dua SPBU Pertamina di Jakarta. Fasilitas ini bisa ditemui salah satunya di SPBU MT Haryono, Tebet.

Bagi yang berminat untuk melakukan pengisian daya gratis cukup datang membawa mobil listriknya saja ke fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang ada di MT Haryono.

Sebelum mengisi ada baiknya cek dulu apakah kontak tusuk (socket) yang ada di SPKLU cocok dengan konektor yang ada di mobil. Dari pantauan detikcom, Kamis (5/8/2021), SPKLU di MT Haryono memiliki 3 jenis kontak tusuk.

Yang pertama berjenis CHAdeMO berkekuatan 50 kW, kemudian CCS 2 Combo berkekuatan 50 kW, dan yang terakhir AC Type 2 berkekuatan 43 kW.

Dari informasi yang diterima detikcom dari BPPT, dua jenis kontak di antaranya digunakan untuk rapid charging pada kendaraan dengan sistem listrik DC. Yaitu, jenis socket CHAdeMo 50 kW dan CCS 2 Combo 50 kW.

Sementara socket berjenis AC Type 2 43 kW digunakan untuk fast charging kendaraan dengan sistem listrik AC.

SPKLU ini juga bisa melakukan pengisian daya untuk dua mobil sekaligus. Dengan catatan satu mobil sistem listrik DC dan satunya lagi sistem AC.

Pemilik kendaraan listrik saat ini dapat memanfaatkan SPKLU tersebut secara gratis. Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menjelaskan, pihaknya sedang mengurus perizinan untuk SPKLU ini.