Diskon Listrik Diperpanjang hingga Desember 2021, Begini Cara Dapatnya

Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 31 Agu 2021 16:56 WIB
PLN mengerahkan petugas untuk memastikan kesesuaian tagihan rekening listrik penggunanya.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pemerintah secara resmi telah memperpanjang program stimulus berupa diskon listrik hingga akhir tahun ini. Hal ini telah disampaikan sebelumnya oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di mana telah disampaikan bahwa pihaknya akan memperpanjang pemberian stimulus sektor ketenagalistrikan kepada masyarakat dan pelaku usaha sampai Desember.

Stimulus tersebut berupa diskon listrik, serta pembebasan biaya beban atau abonemen, dan pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum. Program stimulus diskon listrik ini telah diberikan PLN dalam rangka membantu ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi virus corona. Terlebih di tengah tekanan PPKM yang masih berlaku hingga saat ini.

Selain itu hal ini juga telah disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani sebelumnya. Dia menyatakan bahwa pemerintah akan melanjutkan sejumlah program perlindungan sosial (termasuk diskon listrik) pada tahun ini sejalan dengan dilanjutkannya Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel.

"Kami perpanjang juga diskon listrik ke 32,6 juta rumah tangga ini terutama rumah tangga 450 VA dengan diskon 50% per periode April sampai Desember. Untuk 900 VA diskon 25% dari April sampai Desember. Tadinya program ini selsai September," kata Sri Mulyani dalam paparan media secara virtual, Selasa (4/8/2021).

Sedangkan bagi masyarakat yang ingin memperoleh diskon token listrik stimulus Covid-19, khusus daya 450 VA cara paling mudah dapat dilakukan melalui Aplikasi PLN Mobile yang terdapat di Playstore atau Appstore. Setelah selesai mengunduh, pelanggan dapat masuk ke aplikasi PLN Mobile dengan cara:

1. Buka aplikasi PLN Mobile.
2. Klik "PLN Peduli Covid-19" pada bagian Info & Promo.
3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter.
4. Token stimulus listrik akan muncul.
5. Pelanggan tinggal memasukkan Token Stimulus listrik tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Selain itu PLN juga tetap menyediakan akses melalui website www.pln.co.id atau melalui layanan WhatsApp melalui nomor 08122-123-123. Hal ini dilakukan untuk memberikan banyak pilihan akses agar pelanggan mudah mendapatkan stimulus diskon listrik ini.



Simak Video "Pemerintah Perpanjang Diskon Tarif Listrik Hingga Desember!"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)