CATAT! Cara Dapat Diskon Listrik PLN September 2021 di Website dan Aplikasi

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 02 Sep 2021 11:59 WIB
PLN mengerahkan petugas untuk memastikan kesesuaian tagihan rekening listrik penggunanya.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pemerintah masih menjalankan program stimulus berupa diskon listrik hingga akhir tahun 2021. Diskon tarif listrik ini diberikan kepada pelanggan rumah tangga, bisnis, serta industri dan sejumlah tempat perbelanjaan guna meringankan beban ekonomi akibat pandemi dan penerapan PPKM.

Oleh karenanya diskon listrik juga masih dapat dinikmati pelanggan di September 2021 ini. Keringanan diberikan untuk pelanggan 450 VA diberikan diskon 50% dan pelanggan 900 VA diskon 25% dari tagihan.

Targetnya stimulus diberikan kepada 32,6 juta pelanggan PLN. Pemerintah sendiri telah menyiapkan tambahan anggaran sebesar Rp 1,91 triliun untuk bantuan diskon listrik tersebut.

Lalu bagaimana cara mendapatkan diskon tarif listrik untuk bulan September ini?

Setidaknya terdapat 2 cara untuk mendapatkan diskon listrik ini, yakni melalui website resmi PLN atau melalui aplikasi PLN mobile. Berikut cara mendapatkan diskon listrik bulan September:

1. Melalui website portal.pln.co.id

- Buka situs www.portal.pln.co.id
- Pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon)
- Masukkan ID Pelanggan atau nomor KTP, nama lengkap, alamat dan kode captcha atau Nomor Meter
- Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di layar
- Pelanggan bisa memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan

2. Melalui aplikasi PLN Mobile

- Buka aplikasi PLN Mobile.
- Klik "PLN Peduli Covid-19" pada bagian Info & Promo.
- Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter.
- Token stimulus listrik akan muncul.
- Pelanggan tinggal memasukkan Token Stimulus listrik tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan

Selain itu PLN juga tetap menyediakan akses melalui website www.pln.co.id atau melalui layanan WhatsApp melalui nomor 08122-123-123. Hal ini dilakukan untuk memberikan banyak pilihan akses agar pelanggan mudah mendapatkan stimulus diskon listrik ini.

Jika pelanggan termasuk dalam kategori penerima diskon listrik, maka akan muncul keterangan besaran diskon yang diberikan. Namun, apabila pelanggan tidak termasuk dalam kategori penerima diskon listrik, maka akan muncul pemberitahuan bahwa pelanggan tidak mendapatkan diskon.

Sebagai informasi, sebelumnya stimulus listrik ini diberikan pemerintah dalam bentuk token listrik gratis atau diskon listrik 100% kepada sejumlah penerima manfaat. Sebagaimana diketahui, mulanya diskon listrik yang diberikan 100% untuk pelanggan 450 VA dan 50% untuk pelanggan 900 VA subsidi.

Kemudian diskon listrik ini dipangkas karena pemerintah melihat ekonomi sudah mulai tumbuh. Pada periode perpanjangan hingga Desember 2021 mendatang ini, pelanggan 450 VA diberikan diskon listrik sebesar 50%, sedangkan 900 VA subsidi diberikan diskon listrik sebesar 25%.

(ara/ara)