Harga BBM di 17 Lokasi Akhirnya Sama Seperti Jawa, Ini Rinciannya!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 16 Sep 2021 12:36 WIB
Pertamina tuntaskan 75 penyalur BBM Satu Harga di Indonesia Timur
Ilustrasi/Foto: Dok. PT Pertamina (Persero)
Jakarta -

Jumlah penyalur BBM Satu Harga bertambah per hari ini. Pemerintah baru saja meresmikan 17 penyalur baru BBM Satu Harga yang tersebar di berbagai provinsi.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan dengan program ini seluruh masyarakat, khususnya yang berada di pelosok Indonesia dapat menikmati BBM dengan harga yang wajar. Dengan begitu, ekonomi masyarakat bisa meningkat di daerah pelosok.

"Dengan program ini seluruh masyarakat di pelosok bisa dapatkan BBM dengan harga wajar. Energi itu penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi," ungkap Arifin dalam peresmian 17 Penyalur BBM Satu Harga secara virtual, Kamis (16/9/2021).

Lalu di mana saja 17 SPBU BBM Satu Harga ini diresmikan? Dalam keterangan Kementerian ESDM, 17 SPBU tersebut tersebar mulai dari Kabupaten Lombok Tengah, Musi Banyuasin, Seruyan, Malinau, Sintang, hingga Ketapang.

Ada juga di Kabupaten Bengkayang, Landak, Melawai, Boven Digoel, Merauke, Singkil, Lamandau, dan Tambrauw. Seremoni peresmian dilakukan Arifin di SPBU 56.83515 di Lombok Tengah.

Arifin menjelaskan dengan tambahan 17 SPBU BBM Satu Harga baru ini, pemerintah sudah berhasil menambah 44 tambahan SPBU BBM Satu Harga selama setahun ini. Targetnya ada 76 SPBU BBM Satu Harga yang dibangun tahun ini.

"Sekarang diresmikan serentak 17 penyalur BBM Satu Harga, maka di tahun 2021 ada 44 penyalur baru yang sudah dibangun. Targetnya sendiri tahun ini ada 76 penyalur," papar Arifin.

Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh dari BPH Migas, sampai 16 September 2021 totalnya sudah ada 297 SPBU penyalur BBM Satu Harga yang tersebar di seluruh Indonesia. Targetnya, program BBM Satu Harga yang dimulai sejak tahun 2017 akan memiliki 583 penyalur BBM Satu Harga di tahun 2024.

Secara rinci, berikut ini letak 17 SPBU penyalur BBM Satu Harga terbaru yang diresmikan hari ini:

1 Batukliang Utara - Lombok Tengah
2 Plakat Tinggi- Musi Banyuasin
3 Mandah - Indragiri Hilir
4 Seruyan Hilir Timur - Seruyan
5 Kayan Hilir - Malinau
6 Tempunak - Sintang
7 Singkup - Ketapang
8 Pemahan - Ketapang
9 Monterado - Bengkayang
10 Kuala Behe - Landak
11 Sayan - Melawi
12 Tanah Pinoh Barat - Melawi
13 Arimop - Boven Digoel
14 Animha - Merauke
15 Singkil Utara - Singkil
16 Bulik Timur - Lamandau
17 Miyah - Tambrauw

Lihat juga video 'Waka Komisi VII DPR Minta Subsidi Elpiji Naik Jika Premium Dihapus':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/ara)