Pertamina-ExxonMobil Kerja Sama Garap 'Harta Karun' di RI

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 18 Sep 2021 19:37 WIB
Pertamina
Ilustrasi/Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama Wakil Menteri (Wamen) I BUMN Pahala Nugraha Mansury dan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono melakukan kunjungan ke Los Angeles dan Houston, Texas.

Dalam kunjungan tersebut diadakan pula pertemuan antara PT Pertamina (Persero) dan ExxonMobil, yang dilanjutkan dengan penandatanganan kerja samateknologi hijau (green technology).

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan, pertemuan dengan ExxonMobil merupakan bentuk kerjasama antar Kementerian dalam hal Kementerian BUMN. Menurutnya kerja sama tersebut mendukung BUMN untuk Go Global termasuk kegiatan investasi strategis.

"Di Houston, acara saya bersama Pak Wamen adalah untuk melakukan pertemuan dengan dengan ExxonMobil dan akan menyaksikan penandatanganan kerja sama antara Pertamina dengan ExxonMobil," kata Retno dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (18/9/2021).

"Khusus untuk ExxonMobil dan Pertamina, ini tentunya merupakan salah satu bentuk kerja sama antara Kemlu dengan Kemen BUMN untuk mendukung BUMN Go-Global, yang intinya mendukung kerja sama BUMN dengan dunia luar, termasuk investasi keluar yang sifatnya strategis," sambungnya.

Kerja sama ini memiliki arti penting terutama dalam upaya memenuhi kebutuhan energi dalam negeri dan mendukung pembangunan ketahanan energi nasional. Diharapkan kerja sama antara ExxonMobil dengan Pertamina dapat mendorong hilirisasi dan pemanfaatan teknologi pemrosesan bagi Pertamina untuk meningkatkan produksi, refinery, dan petrokimia.

Selain itu, memperluas akses pasar produk turunan migas yang bernilai tambah. Selain itu, peluang kerja sama penurunan emisi dan transisi energi Indonesia melalui teknologi hijau, seperti carbon capture dan upaya dekarbonisasi lainnya juga turut dibahas.

"Tentunya pembahasan ini akan kita lanjutkan saat menghadiri pertemuan COP 26 di Glasgow November mendatang. Tentunya kita berharap MOU antara Pertamina dan ExxonMobil ini dapat segera diimplementasikan," terang Retno.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik