Pesawat Kargo BBM Kecelakaan di Kaltara, Ini Profil Maskapainya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 28 Sep 2021 14:43 WIB
Pesawat Rimbun Air Jatuh
Ilustrasi Pesawat Jatuh (Luthfy Syahban/detik.com)
Jakarta -

Sebuah pesawat kargo mengalami kecelakaan di Bandara Yuvai Semaring, Long Bawan, Kalimantan Utara. Pesawat ini diketahui mengangkut BBM high speed diesel (HSD) yang digunakan oleh PLN.

BBM HSD ini diketahui bakal digunakan untuk Unit Listrik Desa (ULD) Krayan, hingga beberapa pembangkit listrik di diesel di Nunukan, Kalimantan Utara. Berdasarkan laporan yang dikutip dari Antara, kejadian ini terjadi Senin kemarin.

Adapun yang mengalami kecelakaan ini memiliki kode penerbangan PK-SNP. Dari penelusuran detikcom, Selasa (28/9/2021), berdasarkan data Flightradar24 pesawat dengan kode PK-SNP itu dimiliki oleh maskapai bernama Smart Aviation.

Pesawat tersebut memiliki tipe Cessna 208B Grand Caravan EX yang mampu mengangkut 2 awak kabin dan 9 penumpang secara maksimal. Muatan maksimumnya 1.200 kg. Memiliki daya jelajah hingga sejauh 1.785 km.

Dilansir dari situs resmi Smart Aviation, maskapai ini memiliki nama lengkap perusahaan PT Smart Cakrawala Aviation. Perusahaan ini bergerak di jasa angkutan udara niaga tak berjadwal, dan dibentuk tahun 2016 dengan basis utama di Jakarta.

Smart Aviation mengklaim telah berkontribusi bagi industri transportasi udara, pemerintah daerah dan masyarakat pada umumnya. Saat ini maskapai tersebut memiliki dan mengendalikan 9 Cessna Caravan tipe 208 dan 208B. Maskapai juga mengoperasikan 2 Helikopter, berupa Airbus H 130 T2 dan Robinson 66.

Smart Aviation menyediakan layanan transportasi udara untuk survei udara, foto udara, patroli udara, penumpang, kargo, evakuasi medis dan Piagam VIP. Maskapai ini memiliki basis operasi dan pemeliharaan utama di Singkawang, Kalimantan Barat dan Nabire, Papua.

Kembali ke peristiwa kecelakaan pesawat kargo yang terjadi di Yuvai Semaring, kecelakaan itu terjadi saat pesawat PK-SNP membawa kargo umum dan muatan BBM HSD PLN sebanyak 6x200 liter atau sebanyak 1.200 liter dari Bandara Juwata Tarakan ke Bandara Yuvai Semaring, Long Bawan, Krayan.

BBM HSD yang diangkut sendiri sudah dalam keadaan aman dan sedang proses evakuasi untuk dikirimkan ke ULD Krayan. Pengiriman BBM HSD PLN dari Tarakan ke ULD Krayan melalui penerbangan pesawat dari Bandara Juwata Tarakan ke Bandara Yuvai Semaring, Long Bawan, Krayan, serta untuk PLTD Pa' Upan dan PLTD Long Layu melalui perjalanan darat dengan truk.

Simak video: Penampakan Pesawat Kargo yang Tergelincir di Bandara Yuvai

[Gambas:Video 20detik]



(hal/dna)