ADVERTISEMENT

ESDM Mau Bikin Stok Batu Bara Jangka Panjang Aman, Begini Caranya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 29 Sep 2021 15:51 WIB
Sejumlah pekerja melakukan bongkar muat batu bara menggunakan alat berat di pelabuhan krakatau bandar samudera, Cigading, Cilegon (8/3/2013). Direktur Jendral Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi Sumber Daya Manusia (ESDM), Thamrin Shite mengatakan untuk mengendalikan produksi batu bara, pemerintah menetapkan kuota produksi secara nasional. File/detikFoto.
Ilustrasi/Foto: Hasan Alhabshy

Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi dan Batubara Indonesia (Aspebindo) Anggawira mengatakan tujuan dari acara tersebut ialah memberikan tempat dan wadah komunikasi pengusaha dengan pengambil kebijakan khususnya di bidang pemasok energi dan batu bara nasional.

Ketua Bidang Perdagangan, Perindustrian, ESDM BPP HIPMI Iskandarsya Rama Datau juga menambahkan pentingnya mendorong peran pengusaha muda yang penuh inovasi bagi industri batu bara nasional dan menyediakan pasokan batu bara untuk PLN.

Nasri Sebayang mantan Direktur Konstruksi dan Energi Terbarukan PT PLN yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Pakar IKPLN memandang kontrak jangka panjang dengan penambang besar belum cukup untuk menjamin kelangsungan pasokan batu bara nasional.

"Solusinya seluruh potensi anak bangsa khususnya yang terkait bisnis batu bara harus dimanfaatkan secara optimal. Baik melalui penambang besar yang memiliki infrastruktur dan modal cukup juga dengan penambang menengah kecil yang bekerja bersama trader melalui kontak jangka panjang dan kepastian volume yang dapat memenuhi DMO. Semua pihak bisa kolaborasi dan bekerja sama untuk pasokan utama ke PLN lalu ke end user lainnya," katanya.


(acd/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT