Apa Penyebab Kebakaran Tangki Kilang Cilacap, Ini Jawaban Pertamina

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 14 Nov 2021 14:31 WIB
Warga menonton kobaran api yang terlihat di Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (14/11/2021) dini hari. Tangki 36 T 102 terbakar pada Sabtu (13/11/2021) pukul 19.10 WIB itu berisi komponen pertalite. ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/foc.
Foto: ANTARA FOTO/IDHAD ZAKARIA
Jakarta -

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menyatakan akan melakukan evaluasi dan investigasi terkait kebakaran tangki di Kilang Cilacap. Meski, dalam konferensi pers yang digelar hari ini, Nicke belum sempat membeberkan dugaan atau penyebab dari kebakaran tersebut.

"Dengan demikian, kita tentunya akan melakukan evaluasi investigasi lebih lanjut, tentang kejadian ini karena insiden ini adalah sesuatu yang sangat penting yang perlu kemudian kita ambil lesson learn," katanya dalam konferensi pers, Minggu (14/8/2021).

Nicke menegaskan, langkah awal yang dilakukan Pertamina ialah memastikan keamanan dan keselamatan pekerja dan masyarakat di sekitar kilang.

"Langkah awal yang terus kami pastikan adalah keamanan dari rekan-rekan yang ada di kilang maupun masyarakat setempat," katanya.

Dia mengatakan, kondisi masyarakat sudah aman. Ia juga akan menyiapkan tim medis jika diperlukan.

"Dan alhamdulillah masyarakat ini semuanya sudah aman tapi kami akan terus pastikan, kami akan siapkan tim medis jika memang diperlukan jadi penanganan masyarakat juga menjadi prioritas bagi Pertamina," katanya.

(acd/zlf)