Kebakaran Berulang di Area Kilang Diduga Disengaja? Ahok Bilang Begini

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 14 Nov 2021 18:46 WIB
Tangki di area kilang Pertamina di Cilacap terbakar pada Sabtu (13/11/2021) malam.
Foto: Arbi Anugrah/detikcom
Jakarta -

Kebakaran di area kilang PT Pertamina (Pesero) telah beberapa kali terjadi. Terbaru, kebakaran terjadi di wilayah Kilang Cilacap.

Pengamat menduga, ada unsur kesengajaan karena kebakaran ini terjadi berulang. Apa kata Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok?

Ahok menyerahkan hal tersebut ke penegak hukum untuk dibuktikan.

"Biar Bareskrim yang buktikan," katanya kepada detikcom lewat pesan singkat, Minggu (14/11/2021).

Dalam keterangan tertulis, Pengamat Ekonomi Energi Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi mengatakan, kebakaran ini mengindikasikan jika Pertamina abai terhadap pengamanan kilang.

"Kebakaran itu tidak hanya meludeskan tangki penyimpanan minyak, tetapi juga mengancam keselamatan warga di sekitar yang harus mengungsi," katanya.

Menurutnya, sistem pengamanan di kilang Pertamina harusnya sudah sesuai dengan standar internasional. Namun, tetap saja terjadi kebakaran untuk kesekian kalinya.

"Kebakaran beruntun Kilang Cilacap semakin menguatkan indikasi bahwa ada unsur kesengajaan dari pihak tertentu untuk tujuan peningkatan volume impor pasca kebakaran, yang menjadi lahan pemburuan rente," ujarnya.

Dia bilang, kebakaran sudah pasti meningkatkan impor BBM. Kemudian, memperburuk kinerja Pertamina.

"Sudah pasti kebakaran, yang akan memperbesar biaya impor BBM, akan memperburuk kinerja keuangan Pertamina pada 2021," terangnya.

(acd/dna)