Pipa Rokan Sepanjang 367 Km Ditarget Beroperasi Januari 2022

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 17 Nov 2021 16:50 WIB
Blok Rokan
Foto: dok. Pertamina
Jakarta -

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk atau PGN melalui anak perusahaannya, PT Pertamina Gas (Pertegas) sedang menyelesaikan pembangunan pipa transportasi minyak Blok Rokan. Proyek tersebut ditargetkan onstream (beroperasi) pada Januari 2022.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar menjelaskan pembangunan proyek yang dikerjakan Pertagas dimaksudkan untuk mengganti pipa-pipa tua yang sudah lama beroperasi di Wilayah Kerja (WK) Rokan pasca diambil alih oleh Pertamina.

"Sehingga kami PGN mendapatkan kesempatan untuk membangun infrastruktur pembangunan pipa baru ini. PGN melalui anak perusahaannya dalam hal ini Pertagas telah memulai pembangunan jaringan pipa transmisi minyak sepanjang 367 km," katanya dalam paparan publik secara virtual, Rabu (17/11/2021).

Pembangunan proyek pipa Rokan menelan biaya sekitar US$ 300 juta, akan memiliki koridor Minas-Duri-Dumai dan Koridor Balam-Bangko-Dumai di Wilayah Kerja Rokan.

"Target partial completion Insya Allah pada kuartal keempat 2021 ini dan akan onstream pada Januari 2022. Nantinya Pipa Rokan ini dapat mengangkut atau dapat menyalurkan minyak hingga 260.000 barel per hari," jelasnya.

Dia menambahkan bahwa progres pembangunan proyek tersebut per September mencapai 84% dan hari ini meningkat menjadi 98,5%. Artinya sisa 1,5% lagi untuk diselesaikan.

(toy/dna)