Nggak Nyangka! RI Punya Deretan 'Harta Karun' Ini yang Jadi Rebutan Dunia

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 20 Nov 2021 16:00 WIB
Indonesia disebut memiliki 512 titik harta karun yang tersebar di tambang timah. Harta karun ini disebut-disebut mempunyai nilai investasi yang sangat besar dan dunia pun sedang berlomba-lomba mencarinya.
Nggak Nyangka! RI Punya Deretan 'Harta Karun' Ini yang Jadi Rebutan Dunia/Foto: Rachman_punyaFOTO
Jakarta -

Kekayaan sumber daya alam (SDA) Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Berbagai potensi SDA tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Indonesia juga memiliki sumber timah yang tersebar di beberapa wilayah. Di dalam timah juga terdapat mineral ikutan yang dikenal sebagai logam tanah jarang (rare earth).

Logam tanah jarang disebut sebagai harta karun karena memiliki nilai yang besar dan banyak diincar negara lain di dunia.

Direktur Operasi dan Produksi PT Timah Tbk, Agung Pratama menyampaikan logam tanah jarang terdapat dalam timah, namun harus melalui proses yang panjang dan teknologi yang mumpuni untuk menghasilkan logam tanah jarang.

Saat ini, PT Timah Tbk terus mengembangkan berbagai kajian terkait logam tanah jarang, anggota BUMN Holding Industri Pertambangan MIND tetap fokus melakukan eksplorasi untuk meningkatkan cadangan timah yang akan menjadi bahan baku logam tanah jarang.

"Logam tanah jarang yang kita bicarakan saat ini didapatkan dari sisa hasil penambangan timah dimana terdapat mineral ikutan disitu, nah untuk itu keberadaan pastinya yang harus kita pastikan dengan melakukan eksplorasi," kata Agung kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Manfaat dan potensi logam tanah jarang di halaman berikutnya.