Cerita Jokowi Bentak Bos Pertamina Gegara Lelet Eksekusi Proyek Ini

Trio Hamdani - detikFinance
Sabtu, 20 Nov 2021 14:30 WIB
Presiden Joko Widodo kembali menggelar rapat terbatas bersama sejumlah menteri. Ratas itu membahas mengenai pengadaan alutsista.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) blak-blakan sempat membentak Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero). Kemarahan Jokowi karena perusahaan minyak dan gas milik negara itu lelet mengeksekusi proyek kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI).

Hal itu disampaikan Jokowi di depan para jajaran direksi dan komisaris Pertamina. Dalam pengarahan Jokowi, hadir pula Dirut Pertamina Nicke Widyawati. Pengarahan tersebut digelar pada 16 November 2021 lalu yang diunggah di saluran YouTube Sekretariat Presiden hari ini, Sabtu (20/11/2021).

"Investasinya US$ 3,8 miliar, juga sudah bertahun-tahun ini sudah sebelum kita sudah ada, kemudian ada masalah, belum jalan-jalan juga," kata Jokowi mengenai kilas balik proyek TPPI yang kala itu belum berjalan.

Jokowi pun mengaku begitu dilantik sebagai presiden di periode pertama langsung mendatangi TPPI, tepatnya pada 2014 lalu. Saat itu Nicke belum menjadi Dirut Pertamina. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu melihat besarnya potensi dari proyek TPPI.

Lalu terakhir kali Jokowi ke TPPI, Jokowi bercerita bahwa dirinya membentak Dirut Pertamina. Sebab, alasan yang diterima Jokowi mengenai penyebab proyek tersebut belum jalan klise.

"Setelah saya dilantik 2014 saya langsung ke TPPI, karena saya tahu barang ini kalau jalan bisa menyelesaikan banyak hal. Ini barang substitusi impor itu ada di situ semuanya, semuanya, turunan dari banyak sekali, petrokimia, petrochemical di situ, sehingga waktu Bu Dirut, saya ke sana yang terakhir, Bu Dirut cerita itu ya saya bentak itu karena memang benar, diceritain hal yang sama gitu lho," ungkapnya.

"Bu, nggak nggak-nggak-nggak, saya nggak mau cerita itu lagi, saya sudah dengar dari cerita dirut-dirut sebelumnya," kata Jokowi blak-blakan.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Instruksi Jokowi ke Ahok cs: RI Akan Setop Penggunaan Energi Fosil!

[Gambas:Video 20detik]