Elnusa Petrofin Bangun Terminal LPG di Kolaka, Target Rampung 2 Tahun

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Jumat, 26 Nov 2021 15:19 WIB
Ground Breaking Terminal LPG di Kolaka
Foto: Elnusa
Jakarta -

Anak perusahaan PT Elnusa Tbk, PT Elnusa Petrofin (EPN) menggelar upacara peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek Terminal Liquefied Petroleum Gas (TLPG) Pertamina di Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sulteng). Adapun lokasi tepatnya berada di tenggara Fuel Terminal Pertamina Kolaka di daerah Kolakaasi.

Diketahui, kegiatan ini dalam rangka mendorong ketersediaan LPG, sesuai dengan keputusan Menteri ESDM 2157 K/lO/MEM/2017 mengenai pembangunan sarana dan infrastruktur penyimpanan Elpiji.

"(Diharapkan) dengan keberadaan Terminal LPG ini mampu mendukung pemenuhan kebutuhan LPG khususnya di Sulawesi Tenggara dan mendorong akselerasi perekonomian daerah setempat," ujar Direktur Utama EPN, Haris Syahrudin dalam keterangan tertulis, Jumat (26/11/2021).

Haris mengatakan, ke depan terminal LPG Kolaka ini bakal diintegrasikan dengan Fuel Terminal Kolaka. Area seluas 9.589 m2 diperuntukkan untuk lokasi sarana fasilitas TLPG, sementara 2.718 m2 akan digunakan sebagai area pembangunan sarana fasilitas Terminal LPG. Sehingga total luasan areal pembangunan Terminal LPG kolaka 12.000 m2.

Dijelaskannya, pembangunan Terminal LPG Kolaka mencakup tanki bola (Spherical Tank) yang dengan kapasitas 2 x 1.500 MT. Adapun sarana fasilitas yang ada antara lain Pompa LPG, Loading Bay ke Skid tank LPG, dan sarana pendukung operasional yang mumpuni dengan estimasi penyelesaian pembangunan selama 24 bulan (2 tahun).

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemberian CSR secara simbolis kepada Yayasan Pendidikan Islam Nursyamzam. Bantuan tersebut dinilainya sebagai wujud Elnusa Petrofin terhadap pendidikan di wilayah sekitar.

Sementara itu, VP Joint Terminal Service Operation Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga, Iswanto Suseno menyampaikan groundbreaking ini merupakan dukungan terhadap kedaulatan energi Pertamina Grup bagi masyarakat dan negara.

"Dan kami mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak terhadap pembangunan Terminal LPG Kolaka ini," tuturnya.

Di sisi lain, Bupati Kolaka Ahmad Safei berharap Terminal LPG tersebut akan membantu pemenuhan kebutuhan LPG bagi masyarakat

"Dan mampu menciptakan peluang peluang baru dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat," tandasnya.

Sebagai informasi, acara ini dihadiri oleh jajaran Direksi Elnusa Petrofin, Executive GM Marketing Operation Region VII (Sulawesi) Pertamina Agus Dwi Djatmoko. Selain itu, hadir pula jajaran Forkopimda Kabupaten Kolaka dan jajaran kepala dinas terkait.

(fhs/hns)