Wamen BUMN Resmikan 3 Pembangkit Tenaga Biogas di Riau

Raja Adil Siregar - detikFinance
Senin, 29 Nov 2021 23:06 WIB
Peresmian Pembangkit Tenaga Biogas (PTBg) di Riau
Foto: Raja Adil Siregar/detikcom
Pekanbaru -

Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury meresmikan 3 pembangkit tenaga biogas (PTBg) di Riau. Peresmian 3 pembangkit biogas itu sebagai pengganti bahan bakar minyak dan cangkang sawit.

Ketiga pembangkit itu adalah PTBg Sungai Pagar dan PTBg Sungai Tapung Kampar. Lalu ada PTBg Lubuk Dalam di Siak, Riau yang merupakan milik anak perusahaan Holding PTPN III dan PTPN V.

"Saya ucapkan selamat kepada PTPN V atas kerja keras melakukan transformasi dan sinergi dengan BRIN dan membangun PTBg," kata Pahala saat peresmian, Senin (29/11/2021).

Pahala mengatakan PTPN V merupakan perusahaan yang memiliki pertumbuhan kinerja dan produksi tinggi di lingkungan Holding PTPN. Bahkan dapat melakukan transformasi dan inovasi pembangunan ketiga PTBg.

Lewat operasional ketiga PTBg, PTPN V tercatat sebagai perusahaan perkebunan milik negara terbesar yang mengelola pembangkit biogas se lingkungan holding. Terutama dengan memanfaatkan gas metana dari limbah cair kelapa sawit atau palm oil mill effluent (POME).

Pahala menilai keberadaan PTBg sejalan dengan komitmen Indonesia dalam melaksanakan dekarbonisasi menuju Indonesia Net Zero Emissions pada 2060 mendatang.

"Ini memang tidak mudah, tapi kita terus berupaya. PTPN Grup sudah berkomitmen untuk mengurangi emisi 29 persen pada tahun 2030. Termasuk mengubah energi yang digunakan. Hari ini yang kita saksikan di mana biogas mengganti energi yang digunakan selama ini," katanya.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

Lihat juga Video: Jokowi Sindir Birokrasi BUMN Ruwet: Pembangkit Listrik Butuh 259 Izin

[Gambas:Video 20detik]