ADVERTISEMENT

Apa Itu DME Sampai Ada yang Halangi hingga Bahlil Jengkel?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 01 Des 2021 14:26 WIB
Infografis sederet fakta DME yang bakal ganti LPG buat masak
Foto: Infografis detikcom/Luthfy Syahban
Jakarta -

Pemerintah masih terus melakukan berbagai upaya untuk menekan impor Liquified Petroleum Gas (LPG). Salah satunya, dengan mengembangkan Dimethyl Ether (DME).

Meski demikian, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkap adanya oknum-oknum mencoba menghalangi transformasi LPG ke DME.

"Saya ingin mengatakan bahwa ini bukan hal yang gampang. Saya tahu ada yang main-main tidak mau proses ini terjadi," kata Bahlil dalam konferensi pers virtual, Rabu (1/12/2021).

Menurutnya, oknum yang tidak setuju dengan proses hilirisasi dan transformasi yang dilakukan Indonesia karena masih menginginkan Indonesia hanya ekspor barang-barang mentah. Bahlil pun memperingatkan tegas kepada oknum itu untuk tidak menghalangi.

Apa Itu DME?

DME adalah hasil olahan atau pemrosesan sedemikian rupa dari batu bara berkalori rendah. Sifatnya serupa layaknya LPG, meski panas yang dihasilkan sedikit lebih rendah.

Intinya jika LPG yang ada saat ini merupakan berbasis minyak bumi, maka DME berbasis batu bara. Bentuk akhir DME disebut akan disalurkan sama seperti LPG yakni dalam bentuk tabung.

Kemudian, bila dibandingkan dengan LPG, DME dinilai lebih mudah terurai di udara sehingga tidak merusak ozon dan meminimalisir gas rumah kaca hingga 20%. Kalau LPG per tahun menghasilkan emisi 930 kg CO2, nanti dengan DME hitungannya akan berkurang menjadi 745 kg CO2.

Belum Dilakukan di Waktu Dekat

Meski begitu, ibu-ibu di rumah jangan terlalu khawatir sebab pendistribusian DME untuk menggantikan LPG masih sangat lama dan tidak akan dilakukan dalam waktu dekat. Saat ini Pertamina sedang melakukan proses penjajakan untuk mendapatkan suplai DME.

Selain itu proses perubahan LPG menjadi DME akan membutuhkan waktu lama untuk rencana pembangunan gasifikasi batu bara serta persiapan sarana dan fasilitas pendukung distribusi DME. Belum lagi masih dibutuhkan waktu untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Infografis sederet fakta DME yang bakal ganti LPG buat masakInfografis sederet fakta DME yang bakal ganti LPG buat masak Foto: Infografis detikcom/Luthfy Syahban
(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT