Darmawan Prasodjo Jadi Dirut PLN, Anggota DPR Bilang Begini

ADVERTISEMENT

Darmawan Prasodjo Jadi Dirut PLN, Anggota DPR Bilang Begini

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 06 Des 2021 14:26 WIB
Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo melakukan inspeksi ke gardu listrik yang terendam banjir. Salah satunya di Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng.
Darmawan Prasodjo (tengah)/Foto: PLN
Jakarta -

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah mengangkat Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero) untuk menggantikan Zulkifli Zaini.

Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Nasyirul Falah Amru atau yang biasa disapa Gus Falah ikut memberikan tanggapan.

"Komisi VII DPR menyambut baik diangkatnya dirut baru di PLN, yaitu Mas Darmawan Prasodjo atau Mas Darmo. Tentunya kita punya harapan yang lebih luas dan lebih besar kepada Mas Dharmo karena beliau memang orang yang punya kemampuan di bidangnya," kata Gus Falah, Senin (6/12/2021).

Dia mengungkapkan, PLN dengan tugasnya melayani kebutuhan masyarakat secara luas untuk energi di Indonesia ke depan dengan kepemimpinan baru bisa melakukan banyak terobosan untuk memberikan yang terbaik buat rakyat.

Dalam kondisi kesehatan perusahaan di mana PLN dalam dua tahun ini mencatatkan keuntungan bisa terus melakukan berbagai inovasi dalam upaya mewujudkan clean energy yang lebih hijau.

"Alhamdulillah PLN dua tahun ini mempunyai keuntungan yang lebih, jadi kinerja PLN itu membukukan pendapatan usaha Rp 345,4 triliun dan mencapai laba bersihnya Rp 5,99 triliun pada tahun 2020, artinya laba ini naik 39,3 % dibandingkan tahun 2019. Yang perlu digarisbawahi ke depan adalah PLN juga harus memahami bahwa kita mempunyai tantangan ke depan, tantangan clean energy, dan digitalisasi servis kepada masyarakat yang penerapan eco-lifestyle-nya menjadi kebutuhan utama demi menciptakan lingkungan yang lebih baik," jelas dia.

Menurut Gus Falah, Darmawan dalam kepemimpinannya di PLN juga dihadapkan pada tantangan untuk menjalankan Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) karena hal itu yang menjadi kunci dari ketahanan energi Indonesia.

"Dan tentunya Mas Dharmo sebagai Dirut PLN pasti bisa menjadi leadher yang baik dan amanah buat bangsa dan Negara, dan untuk membawa PLN bisa menerangi rakyat, dari sabang Sampai Meruke, dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote. Komisi VII DPR yakin Mas Dharmo bisa menjalankan dengan baik amanah itu," imbuh dia.

Nusron Wahid Apresiasi Erick Thohir

Anggota Komisi VI DPR Nusron Wahid menilai diangkatnya Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero) bisa membawa angin segar untuk perkembangan elektrifikasi di Indonesia. Nusron mengapresiasi Menteri BUMN Erick Thohir yang menunjuk Darmawan atau yang akrab disapa Dharmo untuk menggantikan Zulkifli Zaini.

"Kita patut apresiasi Pak Erick Thohir yang berani angkat Pak Dharmo jadi Dirut PLN. Sebab dia dikenal sebagai figur yang progresif dalam membongkar sumbatan birokrasi di PLN," katanya dalam keterangannya.

Nusron mengatakan, sudah menjadi rahasia umum bahwa begitu banyak urusan yang stagnan di PLN karena birokrasi mandeg dan terkesan konservatif. Hal itu yang kemudian menyebabkan banyak proyek yang stagnan.

"Namun dengan kepemimpinan yang baru, saya yakin Pak Dharmo bakal improve di PLN sehingga ke depan bisa lebih progresif," ungkap Nusron.

Mantan Ketua Umum GP Ansor ini menilai, Dharmo merupakan figur profesional yang mengerti politik sehingga dalam kepemimpinannya bakal bisa lebih akseleratif.

"Ini figur yang langka di dalam PLN. Ini bagus. Sebab, bisnis energi sangat terkait dengan politik," pungkas Nusron.

Lihat juga Video: Momen Ketegasan Jokowi 'Sentil' Pertamina dan PLN

[Gambas:Video 20detik]




(kil/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT