3 PR Besar Darmawan Prasodjo Dirut Baru PLN

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 07 Des 2021 14:53 WIB
Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo
Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikcom
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir telah menunjuk Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero). Ia menggantikan Direktur Utama sebelumnya Zulkifli Zaini.

Sejumlah pekerjaan rumah pun telah menanti untuk diselesaikan Darmawan Prasodjo. Apa saja?

1. Oversupply Listrik

Dalam konferensi pers yang digelar kemarin, Darmawan mengatakan, salah satu pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan ada pasokan listrik PLN yang berlebih.

"PLN saat ini mengalami over supply, nah oleh karena itu harus diselesaikan dengan baik," kata dia dalam konferensi pers di Kantor Pusat PLN, Senin (6/12/2021)

2. PLN Dukung Program Karbon Netral

Darmawan menyebutkan PLN juga mempersiapkan diri untuk menjalankan program karbon netral pada 2060. PLN diminta untuk bertransisi agar program bisa berjalan dengan baik.

3. Selesaikan Utang

Selanjutnya, dia juga ditugaskan untuk melakukan restrukturisasi korporasi agar PLN menjadi perusahaan yang lebih lincah dan gesit dalam menghadapi tantangan bukan hanya sekarang tapi juga di masa depan.

Darmawan mengungkapkan, Erick juga mengarahkan transformasi untuk kinerja keuangan. Selama ini kinerja keuangan PLN sudah berjalan dengan baik karena itu perlu dilanjutkan terkait penyelesaian utang.

"Arahan Kementerian BUMN agar ke depan PLN jauh lebih kokoh sehingga bisa menerangi seluruh negeri dan lebih baik dan PLN bisa bertransformasi menjadi perusahaan yang lebih baik lagi," jelas dia.

(acd/dna)