HUT Ke-64, Pertamina Berkomitmen Fokus Pada Transisi Energi

Dea Duta Aulia - detikFinance
Jumat, 10 Des 2021 22:43 WIB
Pertamina
Foto: Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 dengan tema "Energizing Your Future" secara virtual pada Jumat, 10 Desember 2021. Pada momen spesial ini, Pertamina terus berkomitmen untuk fokus menjalankan transisi energi serta selalu hadir memberikan energi bagi bangsa dan negara hingga di masa depan.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, tema perayaan tersebut merupakan wujud dari cerminan semangat perusahaan untuk terus bergerak maju serta memberikan energi tanpa batas untuk mencapai tujuan berkelanjutan demi masa depan bersama.

Pertamina memegang teguh komitmen untuk menjaga prospek bisnis yang berkelanjutan, adaptif dan resilien terhadap transisi energi global, komit terhadap perlindungan lingkungan hidup, serta berkontribusi pada terwujudnya kemandirian bangsa.

"Dengan energi yang lebih bersih, bisnis dan operasional yang lebih ramah lingkungan, serta pelestarian lingkungan, Pertamina berupaya untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik," kata Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati dalam keterangan tertulis, Jumat (10/12/2021).

Ia menambahkan, Pertamina harus mampu menghadapi tantangan zaman dan tuntutan global. Apalagi saat ini, Pemerintah Indonesia tengah gencar melakukan transisi energi menjadi yang lebih ramah lingkungan.

"Grand design dan roadmap transisi energi harus segera kita siapkan secara konkret, jelas dan detail. Waktu yang ada ini harus kita gunakan sebaik-baiknya untuk memperkuat fondasi menuju transisi energi, serta melakukan kajian teknologi yang paling efektif dan efisien," kata Nicke.

Nicke Widyawati menjelaskan, Presiden Joko Widodo juga berpesan agar Pertamina maksimalkan pengembangan mobil listrik agar impor minyak bisa turun dan defisit neraca transaksi berjalan (Current Account Deficit/CAD) menjadi lebih sehat. Di sisi investasi, kita harus buka pintu selebar-lebarnya untuk investor dan tingkatkan profesionalisme.

"Hal ini untuk memacu dan memotivasi kita agar tidak terlena, karena transisi energi merupakan keniscayaan, dimana energi fosil tidak lama lagi akan sampai pada titik hentinya, dan bila saat itu terjadi, Pertamina sudah siap dengan energi barunya," ujarnya.

Dirut yang baru saja dinobatkan sebagai salah seorang dari 100 perempuan paling berpengaruh di dunia ini juga menyampaikan capaian yang telah dicatat Pertamina sepanjang 2021.

Adapun pencapaian tersebut berupa keberhasilan Pertamina menjadi satu-satunya Perusahaan Indonesia yang masuk dalam jajaran Global Fortune 500 tahun 2021, naiknya peringkat ESG ke posisi 15 dari 252 perusahaan di industri Oil & Gas dunia, terbentuknya Legal End State Holding Migas dengan 6 (enam) Subholding, progres Proyek Strategis Nasional (PSN) dan Penugasan Pemerintah, hingga capaian capaian positif kinerja Pertamina Grup dari hulu ke hilir.

Prestasi yang ditorehkan oleh Pertamina tidak hanya berhenti sampai di situ. Nicke memastikan, Pertamina masih memiliki segudang pencapaian yang telah diraih di tahun 2021.

"Pertamina termasuk lebih 250 penghargaan pada tahun 2021. Penghargaan tersebut, merupakan bentuk pengakuan dari stakeholders terhadap eksistensi dan kinerja perusahaan, artinya Pertamina memiliki nilai penting di mata stakeholder," ujarnya.

Nicke Widyawati berpesan kepada seluruh jajaran dan insan Pertamina agar tetap harus semangat dapat dapat memenuhi target yang belum tercapai. Ia juga meminta agar seluruh jajaran dan insan Pertamina agar selalu melangkah maju supaya mampu mewujudkan perusahaan energi kelas dunia.

Di penghujung tahun ini, sebelum tahun 2021 berakhir mari kita terus berlari memenuhi target yang mungkin belum tercapai, tetap semangat dan optimis. Melangkah maju untuk mewujudkan aspirasi kita selanjutnya, menjadi perusahaan energi kelas dunia, mencapai nilai pasar USD 100 miliar, dan terus menopang kemandirian energi Indonesia," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) mengatakan, Pertamina harus berpikir lebih holistik, karena dunia sedang mendengungkan green energy.

Dunia juga membutuhkan green certificate untuk semua produk. Pertamina telah merumuskan dalam RJPP maupun RKAP, sehingga menjadi Energizing Your Future dalam arti green energy ini masa depan.

"Dirgahayu ke-64 Pertamina. Dirgahayu buat Kita semua. Dan kita percaya Perwira Pertamina adalah yang terbaik. Terima kasih dan semoga kita terus dipakai untuk mencetak sejarah, transformasi menuju energi baru dan terbarukan dan kita menjadi pemain Petrokimia terbesar di negeri kita sendiri," pungkas BTP.



Simak Video "Jokowi: Transisi Energi Akan Mengubah Pekerjaan Hingga Orientasi Bisnis"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/dna)