Butuh Gas Bumi tapi Nggak Terjangkau Sambungan Pipa, Begini Solusinya

Elsa Azzahra - detikFinance
Selasa, 14 Des 2021 17:06 WIB
CNG GasLink
Foto: CNG GasLink (Istimewa: Gagas)
Jakarta -

Salah satu afiliasi Subholding Gas Pertamina, yaitu PT Gagas Energi Indonesia ("Gagas") memperkenalkan kembali Gaslink C-Cyl dengan kemasan yang lebih fresh pada Selasa, 14 Desember 2021.

Gaslink C-cyl adalah Compressed Natural Gas (CNG) untuk pelanggan sektor industri dan komersial yang disalurkan menggunakan tabung dengan kapasitas 20-25 M3 atau setara dengan 20 Kg.

Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz menjelaskan bahwa kehadiran Gaslink C-cyl akan semakin memperluas pemanfaatan gas bumi, khususnya bagi pelanggan yang masih belum terjangkau oleh gas pipa, baik untuk sektor industri, komersial termasuk UMKM sehingga dapat merasakan manfaat dan keunggulan gas bumi.

"Untuk itu, kami menyediakan Gaslink dan Gaslink C-cyl yang dioperasikan oleh Gagas," jelas Faris, (14/12/21).

Faris menambahkan Gaslink C-cyl saat ini juga ditampilkan dengan kemasan yang lebih praktis dan menarik bagi pelanggan. Selain berbentuk tabung, terdapat juga Gaslink C-cyl berbentuk kotak dengan kapasitas lebih besar sekitar 50 M3.

Per November 2021, Gagas telah menyalurkan sekitar 4.84 BBTUD untuk 161 pelanggan Gaslink.

Gaslink C-cyl telah diperkenalkan oleh Gagas sejak awal tahun 2021 sebagai alternatif penyaluran Gaslink, khususnya untuk pelanggan yang memiliki keterbatasan lahan dan kebutuhan pemakaian gas bumi yang relative masih kecil (sekitar 300 M3 per bulan).

Bersambung ke halaman selanjutnya.