Libur Nataru, Kilang Minyak Pertamina Tetap Beroperasi Normal

Inkana Putri - detikFinance
Sabtu, 25 Des 2021 19:58 WIB
Ilustrasi Kilang Minyak Pertamina
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

Pertamina melalui Subholding Refining & Petrochemical, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) menjamin kilang tetap beroperasi normal dan tetap memproduksi selama Natal dan Tahun Baru.

Tak hanya itu, perseroan juga memastikan fasilitas operasi di seluruh kilang Pertamina terjaga kehandalannya sehingga dapat memproduksi produk olahan kilang yang dibutuhkan masyarakat.

"Seluruh pekerja kilang mengemban amanah dan tanggung jawab penuh untuk bersama-sama menjaga keberlangsungan operasional kilang, baik di saat normal terlebih di masa diperkirakan terjadi kenaikan permintaan masyarakat akan BBM dan LPG seperti saat ini di natal dan jelang tahun baru," ujar Corporate Secretary PT KPI, Ifki Sukarya dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/12/2021).

Lebih lanjut, Ifki mengatakan saat ini terdapat 6 Refinery Unit (RU) di Indonesia yang mengelola minyak mentah menjadi produk olahan kilang seperti BBM, LPG, dan produk petrokimia. fki menyebut dengan kapasitas pengolahan kilang yang saat ini di angka sekitar 1 juta barel per hari, kilang-kilang Pertamina menjadi aset penting yang menjaga ketersediaan BBM dan LPG untuk masyarakat.

Oleh karena itu, selama natal dan jelang tahun baru, Pertamina memastikan stok crude yang dibutuhkan berada di level aman dan siap diolah di kilang, serta operasional kilang di seluruh RU tetap berjalan normal.

"Dengan operasional kilang yang berjalan normal, maka pasokan BBM dan LPG yang disalurkan ke terminal BBM di seluruh Indonesia juga akan berada dalam kondisi aman," imbuh Ifki.

Selanjutnya, kata Ifki, Pertamina akan menyalurkan produk olahan tersebut dari terminal BBM ke masyarakat yang berada di seluruh penjuru Indonesia.

Guna memastikan pemenuhan kebutuhan BBM dan LPG ke masyarakat, Ifki menyampaikan saat ini pihaknya juga telah membentuk Satgas Natal dan Tahun Baru. Untuk itu, ia mengimbau agar masyarakat tidak panik karena Pertamina akan terus melakukan pemantauan stok secara ketat.

"Operasional kilang sebagai salah satu bagian untuk pemenuhan kebutuhan BBM dan LPG juga tetap berjalan normal sehingga pasokan BBM dan LPG tetap aman tersedia untuk disalurkan ke masyarakat," pungkasnya.

(akd/ara)