'SPBU' Listrik Hadir di Solo, Segini Tarifnya

Bayu Ardi Isnanto - detikFinance
Selasa, 28 Des 2021 14:59 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka resmikan SPBU Listrik
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo -

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) alias 'SPBU Listrik' hari ini. SPKLU pertama di Solo ini berlokasi di kantor Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Perusahaan Listrik Negara (UP3 PLN) Solo.

Dalam peresmian Gibran menjajal langsung mobil listrik di PLN. Dia juga mempraktikkan cara pengisian ulang yang mirip dengan pompa bensin Pertamina.

Usai peresmian, Gibran mengapresiasi PLN yang mulai membangun fasilitas SPKLU di Solo. Dia yakin dengan berkembangnya fasilitas untuk kendaraan listrik bakal mendorong masyarakat menggunakan kendaraan listrik.

"Pasti ke depannya masyarakat semakin terdorong beralih menggunakan kendaraan listrik, lebih ramah lingkungan," kata Gibran di kantor UP3 PLN Solo, Selasa (28/12/2021).

"Saya tadi sudah mencoba langsung mobil listrik, nggak ada bedanya dengan mobil biasa, bahkan lebih baik. Nggak ada suaranya, nggak bising," ujarnya.

General Manager PLN UID Jateng-DIY, Irwansyah Putra, mengatakan selain satu SPKLU di Kota Solo, PLN juga sudah memasang SPKLU di empat titik lainnya, antara lain dua di rest area jalan tol Sragen. Kemudian dua lainnya di Semarang dan Yogyakarta.

"Selama diujicobakan sejak bulan lalu, SPKLU ini sudah melayani 21 kali transaksi pengisian ulang kendaraan listrik. Setidaknya ada 15 mobil listrik yang sudah mengisi di SPKLU ini," terang Irwansyah.

Berapa tarif 'SPBU Listrik' di Solo? Klik halaman berikutnya