Jelang Tahun Baru, Pertamina Pastikan Stok BBM Nasional Aman

Inkana Izatifiqa R Putri - detikFinance
Selasa, 28 Des 2021 22:45 WIB
SPBU MT Haryono, Jakarta, mulai menerapkan protokol kenormalan baru. Saat mengisi bensin, pengendara harus menjaga jarak.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Jelang pergantian tahun baru 2022, Pertamina memastikan stok BBM nasional dalam kondisi aman. Adapun hal ini berlaku bagi seluruh jenis BBM, baik gasoline maupun gasoil serta avtur.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan ketahanan stok BBM nasional jenis gasoline (Pertamax Turbo, Pertamax, Pertalite dan Premium) berada di atas 20 hari. Sementara ketahanan stok jenis gasoil (Solar, Biosolar, Dexlite dan Pertamina Dex) berada di atas 18 hari, dan ketahanan stok Avtur mencapai 36 hari.

"Pertamina telah melakukan pengamanan stok di seluruh rantai distribusi BBM mulai dari kilang hingga TBBM dan SPBU yang siaga 24 jam," ujar Fajriyah dalam keterangan tertulis, Selasa (28/12/2021).

Fajriyah menyampaikan Pertamina telah membuat Satgas Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang siaga di seluruh wilayah Indonesia. Hal dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi permintaan BBM yang naik dari rerata normal sebesar 6% untuk gasoline dan gasoil naik sebesar 1,4%.

Di samping itu, Pertamina telah meningkatkan pengawasan distribusi BBM nasional dengan menggunakan teknologi digital. Dalam hal ini, Fajriyah mengatakan seluruh proses distribusi BBM dapat dipantau secara langsung (realtime) melalui Pertamina Integrated Command Center (PICC) dan dashboard digitalisasi SPBU.

"Seluruh stok BBM di setiap wilayah dan SPBU dapat dimonitor dengan akurat, sehingga Pertamina bisa dengan cepat mengirimkan stok BBM jika terjadi lonjakan permintaan," imbuhnya.

Fajriyah menambahkan Pertamina juga telah menetapkan kebijakan kepada seluruh Perwira Pertamina untuk selalu berada di lokasi dan tidak diperbolehkan melakukan cuti. Selama liburan tahun baru 2022, Pertamina pun menyiapkan infrastruktur distribusi energi meliputi 114 TBBM, 68 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) dan lebih dari 7.400 SPBU.

Tak hanya itu, Fajriyah menyebut pihaknya juga menyiapkan layanan khusus selama liburan tahun baru berupa 1.356 SPBU Siaga di jalur reguler, 65 SPBU Siaga di jalur tol, 219 Motoris atau armada Pertamina Delivery Service (PDS), 144 titik kantung BBM SPBU dan 37 unit Pertashop. Layanan di 68 DPPU nantinya juga akan terus siaga guna memenuhi kebutuhan Avtur bagi maskapai penerbangan

"Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak yang telah membantu kelancaran distribusi BBM Pertamina. Harapannya perayaan tahun baru 2022 berjalan lancar dan aman dengan ketersediaan BBM yang mencukupi sesuai kebutuhan masyarakat. Jika membutuhkan informasi terkait BBM bisa menghubungi Pertamina Call Center 135," pungkasnya.

(ncm/hns)